test

Olahraga

Jumat, 29 Mei 2020 21:11 WIB

Pandemi Covid-19, Ini Negara Pertama yang Gelar Laga Sepakbola Dihadiri Ribuan Penonton

Editor: Ferro Maulana

Laga Nam Dinh Vs Hoang Anh Gia Lai. (Foto: Dok Net/ IST).

PMJ – Negara Vietnam berhasil menggelar kembali sepakbola di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Hebatnya lagi, Vietnam menjadi satu-satunya negara yang sepakbolanya membolehkan dihadiri suporter kedua tim dan berlangsung meriah.

Pertandingan Nam Dinh menghadapi Hoang Anh Gia Lai menjadi laga pembuka kualifikasi Piala Vietnam 2020, akhir pekan kemarin. Istimewanya, laga di Stadion Nam Dinh itu malah digelar terbuka dengan panpel pertandingan menyiapkan tiket hingga 10 ribu lembar.

Suporter kedua tim pun dengan bebasnya masuk ke stadion untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangannya. Hebatnya lagi, para penonton itu tidak terlihat memakai masker. Vietnam sepertinya memang antitesis dengan istilah New Normal yang mulai ramai diperkenalkan dan dipraktikkan di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Untuk diketahui, sebenarnya Vietnam memang sudah mengakhiri physical distancing sejak akhir April 2020 kemarin. Tercatat, hanya ada 327 kasus positif Corona terkonfirmasi disana. Kemudian sebanyak 272 diantaranya sembuh dan tidak ada pasien yang meninggal dunia berdasarkan data resmi pemerintah.

Adapun keberhasilan Vietnam memerangi Covid-19 berkat andil besar pemerintah yang sudah melakukan tindakan preventif sejak adanya kabar yang mencuat terkait virus dari Wuhan, China itu. Pembatasan masuk kepada warga negara asing pun langsung diperketat sejak Desember 2019 lalu.

Hasilnya, masuknya virus Corona bisa dicegah sedini mungkin, padahal secara geografis, mereka berbatasan langsung dengan Tiongkok. (FER).

BERITA TERKAIT