test

News

Senin, 16 Desember 2019 22:01 WIB

Waspada, Ini Sejumlah Titik Macet Libur Nataru

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memetakan titik kemacetan pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2020. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi dan memberikan informasi kepada pengguna jalan jika terjadi kepadatan.

Disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi bahwa titik kemacetan yang harus diwaspadai adalah Gerbang Tol Cikampek Utama. Pasalnya, perjalanan masyarakat bakal terpusat di Tol Jakarta-Cikampek.

"Kalau prediksi saya kemacetan ini secara umum hanya terjadi kalau di jalan tol itu paling di pintu Cikampek Utama. Dari hasil survey, 100 persen keluar Jakarta serta 40 persennya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," ungkap Budi di Kantor Kemenhub, Senin (16/12/2019).

Kemudian, kata Budi, kemacetan juga diprediksi terjadi di Gerbang Tol Kalihurip Utama terutama disebabkan dari kendaraan arah Bandung dan sekitarnya.

Selain itu, Budi juga menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai pintu keluar Tol Pejagan yang diprediksi sebagai titik kemacetan pada libur Natal dan Tahun Baru.

"Kita himbau masyarakat yang ke arah Jawa tengah tujannya kabupaten Purbalingga, jangan keluar di tol Pejagan. Selain jalannya sempit, ada pasar tumpah dan tidak ada jalan alternatif. Jadi mending keluarnya Adiwurna atau Gandulan di Pemalang," tuturnya.

Adapun dari Jalur Selatan, menurut Budi, kemacetan akan terjadi di Nagreg hingga ke Limbangan. Kendati begitu, lanjut dia, Pihaknya telah mempersiapkan jalur altenatif jika di Nagreg tak bergerak.

"Kalau parah dari Nagreg, kita alihkan ke Garut sampe Singaparna sampe ke Tasik," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT