test

Kesehatan

Sabtu, 8 Agustus 2020 08:05 WIB

Tips Berlibur di Tengah Pandemi Covid-19

Editor: Etty Kadriwaty

Waktunya liburan (Foto: Ilustrasi/Ist)

Banyak orang mulai merasakan jenuh berdiam diri di rumah. Pergi berlibur menjadi refreshing yang didambakan di era new normal saat ini. Jika Anda ingin bepergian sejenak menghilangkan penat, sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona atau Covid-19.

Berikut tips berlibur aman di era new normal yang dilansir dari berbagai sumber.

  • Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Sebelum berlibur, pastikan tubuh Anda dalam kondisi fit atau sehat. Jika merasa kurang sehat, ada baiknya tunda perjalanan berlibur. Ini sangat berguna untuk meminimalisir penularan virus Corona. 

Jika memungkinkan, sebaiknya mengikuti rapid test atau swab secara mandiri, hasilnya nanti bisa dibawa saat liburan untuk berjaga-jaga. Cara ini tentu berguna, terlebih ada destinasi wisata yang mewajibkan pengunjung untuk membawa surat bebas Covid-19.

  • Tetap Gunakan Masker

Tetap menggenakan masker menjadi hal penting yang harus dilakukan ketika keluar rumah. Bawalah beberapa cadangan masker untuk menggantinya selama berlibur. Memasukkan tisu ke dalam masker juga bisa menjadi pilihan agar lebih aman. 

  • Membawa Hand Sanitizer dan Rajin Cuci Tangan
Menjaga kebersihan tangan merupakan cara tepat untuk mencegah virus corona (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

Jangan lupa membawa hand sanitizer dan cuci tangan sesering mungkin. Selain itu, usahakan cuci tangan dengan cara yang tepat dan benar selama 20 detik. Jangan khawatir, di sejumlah pusat perbelanjaan dan tempat wisata juga sudah menyediakan tempat untuk mencuci tangan.

  • Menjaga jarak

Tetaplah menjaga jarak dengan pengunjung lainnya saat mengunjungi tempat wisata di tengah pandemi Corona saat ini. Meskipun merasa tubuh dalam keadaan sehat, Anda tetap berpotensi tertular Covid-19. Sehingga sebaiknya tetap menjaga jarak minimal 1,5 sampai 2 meter.

  • Gunakan Kendaraan Pribadi

Menggunakan transportasi umum tentu memiliki risiko lebih tinggi untuk terpapar virus mematikan ini. Jika memungkinkan, lebih baik untuk membawa kendaraan pribadi untuk menghindari dari virus berbahaya tersebut.

  • Bawa Bekal Pribadi
Membawa bekal makanan sehat ketika berlibur. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

Usahakan selalu membawa bekal makanan dan minuman pribadi dari rumah saat ingin pergi berlibur. Selain itu, jangan lupa mencuci peralatan makan sebelum dan sesudah menggunakannya agar aman dan tubuh tetap sehat.(Ety-02)

BERITA TERKAIT