test

News

Rabu, 25 November 2020 14:45 WIB

Istri Menteri Edhy Prabowo Ikut Diamankan KPK

Editor: Redaksi

Menteri Edhy Prabowo dan istrinya Iis Rosita Dewi. (Fotyo : PMJ/IG Iisedhyprabowo).

PMJ - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Dalam penangkapan di Bandara Soekarno Hatta itu sebanyak 17 orang ikut dibawa, termasuk istri Edhy Prabowo.

Tim Satgas KPK menangkap dengan lokasi yang berbeda. Mulai dari Bandara Soetta, sampai di wilayah Depok dan Jakarta.

"Jumlah yang diamankan petugas KPK seluruhnya saat ini 17 orang, di antaranya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) beserta istri dan beberapa pejabat di KKP. Di samping itu juga beberapa orang pihak swasta," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (25/11/2020).

Ke-17 orang tersebut diduga terlibat tindak pidana korusi penetapan izin ekspor benih lobster atau benur yang selama ini dijalankan oleh Edhy Prabowo.

"Saat ini KPK masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap 17 orang tersebut selama 1x24 jam," jelas Ali.

Sesuai KUHP, KPK memiliki waktu 1x24 untuk menentukan status hukum Menteri Edhy Prabowo, istrinya Iis Rosita Dewi, dan belasan orang lainya yang turut diamankan.

"Kegiatan ini dilakukan oleh tim KPK atas penugasan resmi dengan menurunkan lebih tiga Kasatgas, baik penyelidikan dan penyidikan, termasuk juga dari JPU yang ikut dalam kegiatan dimaksud, Salah satu Kasatgas Novel Baswedan,” terang Ali.(Gtg-03)

BERITA TERKAIT