test

News

Selasa, 1 Desember 2020 15:47 WIB

Polisi Beberkan Penyebab Kebakaran Mobil Tangki di SPBU MT Haryono

Editor: Hadi Ismanto

Polres Metro Jakarta Selatan melakukan olah TKP Kebakaran mobil tangki di SPBU MT Haryono. (Foto: PMJ News/Instagram Polrestro Jaksel).

PMJ NEWS - Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kawasan Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020) siang.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budi Sartono menyebut kebakaran berasal dari mobil tangki SPBU yang hendak mengisi bahan bakar. Awalnya mobil tangki akan mengisi bahan bakar pukul 09.00 WIB, namun saat itu listrik mati.

"Hasil penyelidikan sementara, kejadian (kebakaran) karena adanya mobil tangki SPBU yang ingin mengisi pada jam 09.00, tapi karena SPBU mati lampu sehingga terlaksana setelah nyala lampu jam 11.30 WIB," jelas Budi, Selasa (1/12/2020).

Kombes Budi menjelaskan, percikan api awalnya muncul dari alat pompa pengisian bahan bakar saat mobil tangki sedang diisi bahan bakar. Api sempat menyala dan menyambar bagian badan mobil tangki, tapi api kemudian dapat dipadamkan petugas SPBU.

"Di pompa alat pengisian terjadi percikan sehingga terjadi kebakaran di alat pengisian pompa yang mengakibatkan alat pompa tersebut terbakar, termasuk sebagian di mobil tangki. Tapi tidak mengakibatkan mobil tangki terbakar," tuturnya.

Menurut Budi, saat ini polisi berkoordinasi dengan pihak Pertamina untuk pemeriksaan saksi-saksi. Pihaknya juga menunggu Puslabfor untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Sementara tadi sudah koordinasi, mereka akan bekerja sama penuh dengan pihak kepolisian mereka akan memberikan keterangan-keterangan kepada pihak kepolisian," terangnya.

"Seluruh saksi-saksi yang ada di SPBU akan kooperatif, akan diminta keterangan, mulai dari sopir tangki, akan diminta keterangan. Intinya kami akan meminta keterangan secara penuh dulu, olah TKP dulu full, baru kita memastikan (penyebab) sebenarnya kebakaran ini," imbuhnya.

BERITA TERKAIT