test

Kesehatan

Kamis, 3 Desember 2020 10:02 WIB

5 Saran Kesehatan yang Perlu Dihindari

Editor: Hadi Ismanto

Menjaga kesehatan bisa menjadikan Anda hidup lebih lama. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Teknologi dapat mempermudah seseorang untuk mengakses informasi seputar kesehatan. Hanya saja, tidak semua informasi kesehatan yang beredar itu selalu akurat.

Sebagian mungkin malah memberikan anjuran-anjuran kesehatan keliru yang dapat merugikan. Jadi mungkin kita harus menyaring informasi tersebut dengan bijak.

Seperti dilansir dari laman Men's Health, Kamis (3/12/2020), berikut sejumlah saran kesehatan terburuk yang sebaiknya tidak Anda diikuti dan harus dihindari.

1. Minum cuka Apel cider saat pilek
Minum air putih yang dicampur dengan cuka apel cider diyakini dapat mengubah kadar pH tubuh. Perubahan kadar pH ini dikatakan dapat membuat bakteri dan virus di dalam tubuh tidak bisa hidup.

Anggapan tersebut belum terbukti secara ilmiah. Saat ini, bukti ilmiah yang sudah ada hanya berkaitan dengan efek cuka apel cider terhadap bakteri di luar tubuh, bukan bakteri di dalam tubuh.

Apalagi, kebanyakan kasus pilek disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Oleh karena itu, minum campuran air putih dan cuka apel cider saat pilek tak akan banyak membantu.

2. Merendam luka dalam air garam
Ada anjuran untuk membersihkan luka dengan cara merendamnya di air garam. Anjuran ini tidak tepat karena air garam tidak steril.

Air garam justru berpotensi mengandung bakteri sehingga tak cocok digunakan untuk membersihkan luka. Alih-alih menjadi bersih, luka justru berisiko untuk menjadi infeksi.

3. Tak perlu cuci kaki saat mandi
Saat mandi, air hingga sabun akan mengalir secara otomatis dari badan ke kaki. Oleh karena itu, sebagian orang mungkin menganggap tak perlu lagi membersihkan kaki saat mandi,

Padahal, membersihkan area kaki secara menyeluruh saat mandi merupakan hal yang penting. Kotoran bisa tertinggal dan terakumulasi dalam jumlah yang cukup banyak bila kaki tidak disikat saat mandi.

4. Pusar tak perlu dibersihkan
Anggapan bahwa pusar tak perlu dibersihkan juga keliru. Pusar dapat menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam kotoran, termasuk sel kulit mati.

Tak hanya itu, bakteri dan ragi dapat tumbuh secara tidak terkontrol di area pusar. Dalam skenario terburuk, pusar dapat terkena infeksi bakteri atau infeksi ragi. Biasakan untuk membersihkan pusar secara rutin dengan air dan sabun yang lembut.

5. Konsumsi multivitamin sebuah keharusan
Konsumsi multivitamin merupakan hal yang baik, pada orang yang membutuhkan. Tapi tidak semua orang perlu mengonsumsi multivitamin.

Kebutuhan vitamin tubuh umumnya bisa terpenuhi melalui pola makan yang seimbang dan kaya akan buah serta sayur. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk rutin mengonsumsi multivitamin.

BERITA TERKAIT