test

News

Jumat, 4 Desember 2020 16:28 WIB

Ciptakan Iklim Investasi Sehat, Kemenag Rangkul Masyarakat Berantas Hoax

Editor: Ferro Maulana

Sekretaris BPJPH Kementerian Agama Muhammad Lutfi Hamid. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ NEWS -  Sekretaris BPJPH Kementerian Agama Muhammad Lutfi Hamid menjelaskan tidak sedikit penciptaan iklim investasi atau perdagangan dilakukan secara tidak baik. Seringkali iklim berusaha yang khususnya penjualan produk memanfaatkan kabar hoax dengan menyebut suatu produk tidak halal.

"Saat ini untuk menciptakan iklim investasi atau perdagangan menggunakan hoax yang mengandung unsur tidak halal dalam suatu produk," ujar Lutfi dalam acara Serap Aspirasi: Implementasi UU Cipta Kerja Sektor Industri, Perdagangan, Haji dan Umroh serta Jaminan Produk Halal Edisi Semarang’, secara virtual, Jumat (4/12/2020).

Lutfi melanjutkan cara ini merupakan gerakan yang diciptakan untuk menyasar pemerintah dengan menggunakan iklim perdagangan dan investasi.

Sehingga terjadi ketidakharmonisan dan cenderung absurd. Karena itu, diperlukan peran penting dari masyarakat untuk ikut serta menepis gerakan-gerakan tersebut.

"Makanya penting peran masyarakat untuk menepis gerakan yang sasarannya pemerintah," sambungnya.

Masih dari keterangan Lutfi, peran masyarakat dalam organisasi masyarakat berbadan hukum untuk memberikan porsi yang luas dalam penyelenggaraan pengawasan jaminan produk halal.

Ormas Islam diharapkan untuk mendirikan lembaga-lembaga terkait yang bisa meyakinkan masyarakat dan menjadi agen sosialisasinya.

Beberapa lembaga yang diharapkan dibangun ormas Islam di antaranya, Lembaga Pemeriksa Halal, penyiapan Auditor Halal, Penyelia Halal, sosialisasi dan edukasi mengenai JPH.

Begitu juga dengan lembaga yang memberikan pendampingan dalam proses produk halal dan melakukan publikasi bahwa produk berada dalam pendampingan, pemasaran dalam jejaring ormas Islam berbadan hukum.

BERITA TERKAIT