test

Kesehatan

Selasa, 19 Januari 2021 10:15 WIB

Studi: Minum Cokelat Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Editor: Hadi Ismanto

Studi terbaru mengungkap konsumsi cokelat bisa meningkatkan fungsi otak. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru menunjukkan minum cokelat bisa meningkatkan fungsi otak. Minuman tersebut kaya akan flavanol yang membuat otak bisa menyelesaikan tugas kompleks dengan lebih cepat dan akurat.

Studi yang terbit di Scientific Reports ini melibatkan 18 pria sehat berusia 18 hingga 40 tahun. Pemindaian otak peserta menunjukkan tingkat oksigen yang lebih tinggi, yang dikaitkan dengan mengonsumsi minuman cokelat.

Penulis utama studi, Catarina Rendeiro mengatakan ketika menghadapi tugas yang lebih menantang, otak manusia membutuhkan peningkatan kadar oksigen darah untuk mengelolanya.

"Temuan ini mungkin menunjukkan bahwa beberapa orang, yang mungkin sudah sangat bugar, memiliki sedikit ruang untuk perbaikan lebih lanjut," jelas Rendeiro seperti dilansir laman The Sun, Selasa (19/1/2021).

Selain dalam kakao (bahan utama minuman cokelat), flavanol juga terkandung dalam sejumlah buah, sayuran, dan teh. Dengan lebih memahami manfaat kognitif dari mengonsumsi kelompok makanan tersebut, diharapkan bisa menjadi panduan diet.

Namun, perlu diperhatikan bahwa minuman kakao yang sengaja diperkaya tidak bermanfaat meningkatkan oksigen dalam otak. Kandungan flavanol alami dalam bubuk kakao dapat berkurang akibat proses penggelapan warna dan atau penurunan rasa pahitnya.

BERITA TERKAIT