test

Regional

Selasa, 19 Januari 2021 11:40 WIB

Terjangan Puting Beliung Hantam Pantai di Kawasan Kuta Utara Bali

Editor: Ferro Maulana

Angin puting beliung hantam Bali. (Foto: Dok Net/ tangkapan layar YouTube)

PMJ NEWS - Masyarakat lokal dan turis asing yang tengah asyik bermain di sepanjang pantai di kawasan Kuta Utara, Badung, Bali, dikejutkan oleh terjangan angin puting beliung dari tengah Pantai Pererenan. Angin bergerak ke arah timur hingga menghancurkan belasan bangsal milik nelayan di pantai nelayan Canggu.

Walaupun peristiwa itu tak menimbulkan korban jiwa, belasan bangunan bangsal yang selama ini digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan melaut hancur (rusak parah).

Dalam video amatir milik warga Bali, nampak angin terus berputar-putar dan menghantam sejumlah orang yang tengah berselancar di pantai tersebut.

Dengan kecepatan tinggi, puting beliung bergerak ke arah timur dan menghempaskan puluhan bangunan bangsal yang berada di pantai nelayan Canggu. Adapun pelancong serta penduduk sekitar yang kebetulan bersantai di pinggir pantai pun panik berhamburan menjauh.

Untuk menghindari pusaran puting beliung, warga dan wisatawan lari berhamburan menyelamatkan diri. Setelah menghantam bangunan bangsal nelayan, puting beliung tersebut kemudian menghilang.

Saksi mata menerangkan, pusaran angin puting beliung bergerak cepat dari arah barat di Pantai Pererenan menuju arah timur ke kawasan Pantai Canggu. Usai puting beliung menghilang, hujan lebat langsung terjadi di kawasan tersebut.

"Hujan langsung lebat saat angin puting beliung yang besar itu hilang," terang saksi mata yang juga pedagang di sekitar lokasi, Ni Ketut, Selasa (19/1/2021).

Sementara pasca kejadian, puluhan bangunan bangsal yang selama ini digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan melaut hancur berantakan terutama di bagian atap yang sebagian besar menggunakan asbes dan ilalang.

BERITA TERKAIT