test

News

Jumat, 29 Januari 2021 14:35 WIB

China Lakukan Swab Test Via Anal, Ini Metodenya

Editor: Hadi Ismanto

China lakukan swab test anal Covid-19. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Otoritas kesehatan di China telah menggunakan berbagai tes pendeteksi virus Corona, terbaru mereka menggunakan metode uji swab anal atau lewat anus. Metode melalui anal pertama kali dikabarkan oleh media televisi Central Chinese Television (CCTV).

Seperti dilansir dari laman ABC News, Jumat (29/1/2021), alat tes untuk swab analtidak jauh berbeda dengan tes PCR. Cara kerjanya dengan memasukkan alat berujung kapas sekitar 1-2 inci ke dalam anal, kemudian sampelnya dibawa ke laboratorium untuk diuji.

Li Tongzeng selaku Associate Director Beijing You'an Hospital menyebut swab test via anal lebih akurat mendeteksi orang terinfeksi Covid-19. Menurutnya, jejak virus bertahan lebih lama di anus daripada di saluran pernafasan.

"Menerapkan usap ekstra via anal dapat meningkatkan deteksi infeksi dan mengurangi diagnosis yang terlewatkan," ujar Li Tongzeng.

Douyacai menjadi salah satu orang yang menerima swab test anal. Seorang siswa yang kembali dari Korea Selatan ini melakukan swab anal di Beijing pada hari ke-14 karantina.

Dalam laman akun media sosialnya, ia menuliskan tes dilakukan oleh tenaga medis dengan dua penyeka. "Hanya rasa malu. Tidak ada perasaan lain. Semoga berhasil," tulis Douyacai.

BERITA TERKAIT