test

Kesehatan

Minggu, 21 Maret 2021 11:04 WIB

4 Tanda Kelelahan yang Wajib Diwaspadai

Editor: Hadi Ismanto

Tanda-tanda kelelahan yang patut diwaspadai. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Setiap orang bisa saja merasa lelah, termasuk saat berolahraga ataupun saat beraktivitas seharian. Hal tersebut dinilai wajar karena tenaga dan yang dikeluarkan saat menjalankan aktivitas.

Namun, rasa lelah berkepanjangan tanpa alasan yang jelas justru menjadi tanda adanya masalah serius. Seperti dilansir laman Express UK, Minggu (21/3/2021), berikut tanda kelelahan yang patut diwaspadai.

1. Perubahan berat badan
Jika Anda merasa lelah, Anda mungkin perlu memperhatikan beberapa perubahan pada nafsu makan Anda. Untuk mencoba menambah energi, tubuh dapat memicu keinginan akan gula lebih sering.

Beberapa orang mungkin juga menemukan bahwa kelelahan menyebabkan nafsu makan berkurang, yang kemudian menyebabkan penurunan berat badan.

2. Perubahan mood
Menurut ahli nutrisi bioniq, Clarissa Lenherr, kelelahan mungkin memicu perubahan suasana hati Anda yang tidak kentara. Merasa lelah dapat meningkatkan emosi dan respons, yang selanjutnya dapat memengaruhi suasana hati Anda secara keseluruhan.

"Pernahkah Anda memperhatikan suasana hati Anda berayun sedikit lebih dari biasanya? Apakah Anda memiliki perasaan terlepas, cemas atau bahkan depresi? Jika jawabannya ya, maka ini bisa dipicu oleh kelelahan," kata Lenherr.

3. Perubahan pada kulit dan rambut
Menurut Lenherr, dengan kelelahan Anda mungkin menemukan bahwa kulit menjadi lebih kering, rentan berjerawat dan rambut mulai rontok.

"Jika kelelahan Anda terkait dengan stres, ini dapat menyebabkan kelelahan pada kelenjar adrenal yang menghasilkan banyak hormon seks kita. Perubahan hormon seks, khususnya DHEA dan testosteron menyebabkan perubahan dalam pertumbuhan rambut," ujarnya.

4. Kesulitan tidur
Tanda kelelahan lainnya adalah kesulitan tidur. Meskipun Anda mungkin merasa lelah, beberapa orang justru mengalami kesulitan untuk tidur.

Biasanya dianjurkan untuk tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam, tetapi kelelahan dapat membuat Anda tetap merasa lelah saat bangun.

"Setiap orang berhak mendapatkan tidur malam yang nyenyak, tetapi kurang tidur adalah masalah yang umum. Ini dapat menyebabkan stres, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi tingkat energi dan suasana hati Anda," kata Lenherr.

BERITA TERKAIT