test

News

Jumat, 9 April 2021 13:40 WIB

Jangan Nekat, Polisi Jaga Ketat Jalur Tikus yang Biasa Dilintasi Pemudik

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Personil gabungan tahun lalu lakukan penyekatan jalur mudik. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiadi mengungkapkan, pihaknya bersama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menjaga dan melakukan penyekatan jalan pada mudik lebaran nanti, mulai 6-17 Mei mendatang. Termasuk dengan penjagaan jalan alternatif yang sering disebut sebagai jalan tikus.

“Semua jalan akan dijaga, termasuk dengan jalan tikus juga akan kami lakukan penjagaan secara ketat bersama dengan Korlantas Polri dan aparat lainnya,” ujar Budi dalam konferensi pers, Jumat (9/4/2021).

Budi menjelaskan, alasan jalan tikus masuk ke dalam jalan yang dijaga kepolisian ini karena kerap dilalui oleh masyarakat yang nekat pergi mudik pada masa Lebaran nanti. Penjagaan dan penyekatan jalur ini juga dilakukan atas adanya larangan mudik sesuai dengan jenis kendaraan baik itu, motor, mobil pribadi hingga bus.

Selain melakukan penjagaan di jalan tikus, Kemenhub bersama dengan Korlantas Polri juga akan berjaga dan melakukan penyekatan di akses jalan utama masuk dan keluar jalan tol dan non jalan tol, pelabuhan sungai, terminal angkutan penumpang, hingga jalur penyebarangan. Tujuannya tidak lain agar tidak ada masyarakat yang lolos pergi mudik.

“Saya pastikan, tidak akan ada masyarakat yang lolos,” sambungnya.

“Kami juga kan sudah menyelenggarakan rakornas tadi dan sudah kami sampaikan agar seluruh anggota Dinas perhubungan baik dalam lingkup kota dan kabupaten bisa terjun langsung untuk mempertebal pos penyekatan yang dilakukan Korlantas Polri serta aparat kepolisian lainnya,” jelasnya.

BERITA TERKAIT