test

News

Jumat, 9 April 2021 18:31 WIB

Gelar Ibadah Saat Ramadhan, Masjid Istiqlal Batasi 2.000 Jemaah

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Masjid Istiqlal. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Masjid Istiqlal Jakarta bakal dibuka kembali bagi masyarakat yg ingin beribadah pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah. Namun, ada aturan khusus berupa pembatasan jemaah yang diterapkan.

“Istiqlal mulai dibuka kembali pada bulan suci Ramadhan, tapi dengan syarat terbatas ya, itu sekitar 2000 jemaah atau kalau diakumulasikan sekitar 30 persen dari ruang utamanya,” jelas Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasarudin Umar, Jumat (9/4/2021).

Lebih lanjut Nasarudin mengatakan, pihak Masjid Istiqlal nantinya akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap para pengunjung atau jemaah. Tak hanya itu, akan ada pengumuman khusus sebelum masjid tersebut mencapai batas jamaah maksimal.

Sebelum memulai kembali operasional Masjid Istiqlal, lanjut Nasaruddin, pihaknya telah melakukan simulasi terlebih dahulu untuk memastikan segalanya aman dan terkendali. Termasuk dengan pengaturan jarak antar saf sekitar 1,5 meter serta menyediakan hand sanitizer di setiap sudut.

“Kemudian nanti di tempat wudhu juga akan kami awasi, yang jelas tidak boleh adanya kerumunan. Ini juga alhamdulillahnya kita didukung dengan adanya tempat wudhu yang sangat banyak,” tuturnya.

“Intinya nanti saat bulan Ramadhan, kita tidak akan melaksanakan kegiatan buka puasa bersama, masjid hanya digunakan untuk tarawih dan shalat lima waktu saja,” tukasnya.

BERITA TERKAIT