test

News

Senin, 12 April 2021 16:25 WIB

Masjid Istiqlal Tidak Adakan Sahur-Buka Bersama dan Itikaf

Editor: Ferro Maulana

Masjid Istiqlal. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Berdasarkan kebijakan pemerintah, pengelola Masjid Istiqlal tidak mengadakan buka-sahur bersama dan itikaf selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah (tahun 2021) ini. Adapun pertimbangannya yaitu demi mencegah penyebaran virus Covid-19 yang masih massif.

“Tentu Istiqlal tidak menyelenggarakan buka puasa bersama. Sahur juga tidak,” terang Kabid Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal Faried F Saenong menegaskan, dalam dialog dari Graha BNPB, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Di samping itu, lanjut Farid, ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan lainnya yaitu Itikaf atau bermalam di Masjid juga tidak dilaksanakan.

“Itikaf juga tidak. Jadi itikaf yang menginap atau bermalam di Masjid itu tidak kita laksanakan tahun ini, karena masih pandemic Covid-19 tentunya,” tambahnya.

Meski begitu, di Masjid Istiqlal, menurut Faried telah dibuka untuk ibadah sholat tarawih namun dengan pembatasan-pembatasan.

“Di Istiqlal untuk istilah kami kita ahlan wa sahlan, selamat datang buat masyarakat yang ingin melakukan ibadah sholat lima waktu di Masjid Istiqlal, cuman dengan pembatasan- pembatasan tertentu,” jelasnya.

Bila pemerintah menetapkan hanya 50 persen dari kapasitas, di Masjid Istiqlal hanya dibawah 30 persen saja.

“Di Istiqlal pun misalnya untuk kapasitas, kalau pemerintah menyarankan 50 persen dari kapasitas penuh. Kita hanya di bawah 30 persen,” tutur Faried menutup pembicaraan.

BERITA TERKAIT