test

News

Selasa, 27 April 2021 22:01 WIB

Doa dan Amalan yang Dianjurkan Dikerjakan di Malam Lailatul Qadar

Editor: Ferro Maulana

Malam Lailatul Qadar. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Begitu utamanya malam Lailatul Qadar di bulan suci Ramadhan, umat muslim sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa serta mengerjakan berbagai amalan sunnah, seperti berdzikir, tadarus Alquran, beriktikaf, sholat malam serta bersedekah.

Bila ditakdirkan mendapati malam Lailatul Qadar, maka seorang muslim akan mendapatkan pahala setara dengan pahala mengerjakan kebaikan selama seribu bulan lamanya (80 tahun).

Adapun malam Lailatul Qadar sendiri oleh jumhur ulama bakal turun pada 10 hari terakhir puasa Ramadhan, terutama pada malam-malam ganjil.

Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah, bersabda, “Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu". (Hadits Shahih, Riwayat al-Bukhari: 1768 dan Muslim:1268).

Malam Lailatul Qadar. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)
Malam Lailatul Qadar. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

Lalu, doa apa yang dimunajatkan Nabi Muhammad SAW saat malam Lailatul Qadar?

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memanjatkan doa sebagai berikut, sebagaimana diriwayatkan oleh lima imam hadits:

Dari Sayyidah 'Aisyah, RA, ia mengatakan, “Saya bertanya kepada Rasulullah SAW, Apa pendapat Engkau, seandainya aku menemukan malam Lailatul Qadar, maka do'a apakah yang semestinya aku ucapkan pada malam itu?”

Rasullullah SAW, menjawabnya; berdo'alah dengan mengucapkan "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamba-Nya, maka ampunilah kesalahanku." (H.R. Lima Imam hadits, kecuali imam Abu Daud).

Bunyi doanya sebagai berikut:   Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku

Untuk diketahui, doa tersebut afdol-nya dibaca minimal 1.000 kali dalam satu malam. Kalau beruntung dapat keistimewaan malam Lailatul Qadar, pahala akan berlipat ganda dan diampuni dosa-dosa setahun lalu.

Saking mulianya malam Lailatul Qadar, Allah SWT sampai mengabadikannya dalam salah satu surat dalam Alquran, yaitu surat Al Qodar

Berikut bunyinya: Inna anzalnahu fi lailatil-qadr

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan

Wa ma adraka ma lailatul-qadr

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

Lailatul-qadri khairum min alfi syahr

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan

Tanazzalul-mala`ikatu war-ruhhuu fih bi`izani rabbihim, ming kulli amr

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

Salamun hiya hatta matla'il-fajr

Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar

 

 

 

BERITA TERKAIT