News

Senin, 3 Mei 2021 11:00 WIB

Respon Geliat Ekonomi, Jokowi Minta Warga Disiplin Jalankan Prokes

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kepala daerah tidak henti-hentinya mengingatkan warga disiplin menjalankan protokol kesehatan. Apalagi seiring dengan geliat perekonomian yang mulai terlihat di sejumlah daerah menjelang Lebaran.

"Kemampuan kita menekan penyebaran Covid-19 ini juga sudah mulai menggerakkan aktivitas ekonomi di daerah," ujar Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor yang disiarkan kanal YouTube Sekretaris Presiden, Minggu (2/5/2021).

"Saya melihat momentum ini harus kita jaga. Saya minta kepada gubernur, bupati, wali kota untuk terus mengingatkan masyarakat untuk berdisiplin menjalankan prokes," sambungnya.

Presiden juga meminta Pemda bersinergi dengan pemerintah pusat dalam melarang warganya mudik Lebaran. Hal ini sesuai kebijakan pemerintah yang melarang mudik Lebaran pada periode 6-17 Mei 2021.

"Sekali lagi saya tegaskan, prioritas nomor satu tetap keselamatan dan kesehatan masyarakat. Taatilah prokes jangan lengah, jangan menganggap remeh dan tetap waspada," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum usai dan penularannya secara nyata masih ada. Dia tidak ingin terjadi lonjakan kasus di Indonesia yang disebabkan lengahnya masyarakat dalam menaati prokes.

"Kita harus tetap benar-benar waspada. Tetap tidak boleh lengah. Tidak boleh menyepelekan yang namanya Covid-19," tukasnya.

BERITA TERKAIT