test

News

Selasa, 4 Mei 2021 16:25 WIB

Kapolri Dukung Kemkominfo Bangun Infrastruktur TIK di Daerah Terpencil

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri mendukung kebijakan Menkominfo terkait rencana pembangunan insfrastuktur TIK di daerah 3T. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/5/2021).

Jenderal Sigit menyampaikan dukungan kepada Kemkominfo terkait pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam rangka penguatan ruang digital hingga ke daerah terpencil di Indonesia.

"Kami siap mendukung seluruh program Menkominfo dalam rangka membangun infrastruktur TIK, sehingga segera bisa terwujud pelayanan yang sama kepada masyarakat di wilayah yang jauh," jelas Sigit dalam konferensi pers seusai pertemuan.

Kapolri mendukung kebijakan Menkominfo terkait rencana pembangunan insfrastuktur TIK di daerah 3T. (Foto: PMJ News)
Kapolri mendukung kebijakan Menkominfo terkait rencana pembangunan insfrastuktur TIK di daerah 3T. (Foto: PMJ News)

Sigit menjelaskan, kebutuhan teknologi dewasa ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Kebiasaan masyarakat yang tadinya Offline bakal beralih ke pelayanan Online. Sebab itu, diperlukan pembangunan infrastruktur TIK yang memadai.

"Ini tentunya menjadi satu kebutuhan yang harus didukung dengan kemajuan teknologi informasi, baik di dunia pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan hal lain yang tentu mau tidak mau harus ada penyesuaian," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Sigit juga menyoroti soal penegakan hukum di ruang digital (siber). Hal ini demi menjaga keutuan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Penegakan aturan di ruang siber harus kita jaga bersama, sebagai bagian dari upaya kita untuk tetap menjaga negara kita tercinta,"

Sementara itu, Menkominfo, Johnny G. Plate mengatakan pihaknya akan melengkapi pembangunan infrastruktur seluruh Indonesia di 83.548 desa dan kelurahan dengan kehadiran signal 4G.

Dengan begitu, lanjut Johnny, Kemenkominfo memerlukan peran Polri dalam kaitan pembangunan infrastruktur TIK di wilayah 3T melalui BLU bakti Kominfo.

"Tentu dalam pembangunan itu ada banyak kerjasama yang harus dibangun baik lintas kementerian lembaga maupun dengan rekan dengan sahabat pemerintah daerah dan ekosistemnya," terang Johnny.

"Kominfo berharap dukungan personel yang kuat dari Polri yang tersebar di tanah air jadi modal kuat kolaborasi pembangunan TIK untuk kepentingan rakyat indonesia," imbuh Johnny.

BERITA TERKAIT