test

News

Rabu, 5 Mei 2021 12:05 WIB

Larangan Mudik Pemerintah Sudah Tepat, Berikut Fakta Kasus Covid-19

Editor: Fitriawan Ginting

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: Instagram BNPB)

PMJ NEWS - Keputusan Pemerintah memberlakukan larangan mudik dinilai sangat tepat, demi melindungi masyarakat dari penularan Covid-19.  Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, hal ini berkaca dari pengalaman tahun lalu, dimana mengalami kenaikan kasus Covid-19 dan kematian usai libur panjang.

“Keputusan Pemerintah untuk pelarangan mudik ini sangat tepat. Mulai dari lebaran idul fitri tahun lalu, liburan agustus, kemudian sampai dengan natal dan tahun baru,” kata Doni Monardo saat diskusi FMB9ID_IKP, Rabu (5/5/2021).

“Bertambahnya jumlah pasien di rumah sakit, ruang ICU dan isolasi lebih dari 80 persen. Bahkan pada periode Januari 2021 beberapa provinsi sudah mencapai lebih dari 100 persen sehingga pasien harus dibawa ke luar provinsi,” sambungnya Doni berikan fakta dan data.

Dan seterusnya diikuti dengan angka kematian harian yang juga sangat tinggi, lebih dari 250 kematian per hari. Bahkan para dokter dan perawat menjadi korban terpapar covid-19 karena merawat pasien.

“Jadi pilihan untuk larangan mudik ini adalah pilihan yang strategis. Kita semuanya harus mengikuti keputusan ini, ini adalah keputusan kepala negara Presiden Jokowi dan jangan ada satupun pejabat Pemerintah yang berbeda narasinya,” pintanya.

Doni menambahkan, sangat penting untuk memberikan sosialisasi larangan mudik kepada masyarakat setiap saat. Menurutnya, lebih baik mencegah daripada mengobati.
 

BERITA TERKAIT