test

News

Jumat, 7 Mei 2021 13:20 WIB

Kemendag Jamin Stok dan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran Stabil

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Pedagang sembako di Jakarta. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS - Pemerintah masih melakukan upaya agar jelang Lebaran tak ada gejolak harga dan kelangkaan barang.

Kementerian Perdagangan menjamin stok dan harga bahan pokok jelang Lebaran cenderung stabil.

"Inflasi April 2021 sesuai yang dicatat BPS sebesar 0,13 persen. Sementara ketersediaan barang relatif aman khususnya dalam hal kebutuhan pokok seperti beras, gula, bawang, daging, telor dan ayam," kata Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, Kamis (6/5/2021).

Jerry merinci, misalnya stok beras di sejumlah sentra seperti Gudang Bulog, Pasar Induk Cipinang dan beberapa gudang lain terbilang aman untuk memenuhi pasokan beberapa bulan ke depan. Ketersediaan gula pasir juga cukup untuk memenuhi kebutuhan lebih dari dua bulan.

Kemudian minyak goreng cukup untuk sekitar satu setengah bulan, tepung terigu dan kedelai hampir 1,8 bulan sama dengan kedelai, daging sapi dan kerbau sekitar 1,3 bulan, daging ayam ras 1,34 bulan, telor ayam ras sekitar 1 bulan dan bawang putih sekitar 3,5 bulan.

Namun, selain bahan pokok tersebut, ada komoditas pangan yang menjadi perhatian khusus karena cadangannya belum memenuhi jangka panjang, yaitu cabai.

"Untuk komoditas yang relatif kurang tahan lama seperti cabai, Kemendag terus mengupayakan agar stoknya bisa memenuhi permintaan konsumen," jelas Jerry.

Kemendag bersama Satgas pangan melakukan berbagai langkah antisipasi, antara lain identifikasi awal dari stok termasuk mengoptimalkan peran Pemerintah Daerah. Untuk kejadian-kejadian khusus, Kemendag melakukan langkah antisipasi dengan menggelar pasar murah di 34 provinsi.

BERITA TERKAIT