test

News

Sabtu, 8 Mei 2021 15:40 WIB

Jubir Presiden: Silaturahmi Idul Fitri Dapat Dilakukan Secara Virtual

Editor: Ferro Maulana

Fadjroel Rachman

PMJ NEWS -  Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman mengungkapkan, keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik Lebaran 2021 yaitu demi kebaikan masyarakat.

“Hal ini untuk menjamin keselamatan bersama dan menjaga upaya kita semua, seluruh masyarakat di Indonesia. Selama satu tahun lebih berjuang melawan pandemi Covid-19,” tutur Fadjroel dalam siaran pers resminya, Sabtu (8/4/2021).

Fadjroel melanjutkan, mudik Hari Raya Idul Fitri pada masa pandemi Covid-19 ini berpotensi menyebabkan lengahnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Walaupun, pemerintah sangat memahami bahwa kegiatan mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Idul Fitri.

Namun demikian, menurutnya, pemerintah tidak ingin Indonesia mengalami lonjakan signifikan gelombang kasus posifif Covid-19 seperti yang terjadi di India.

“Tanpa mengurangi makna dari silaturahmi dalam merayakan Idul Fitri 1442 H, silaturahmi dapat dilakukan secara virtual. Komunikasi bertatap muka secara virtual dapat mengurangi kerinduan sekaligus menjaga dan menjamin keselamatan sanak saudara dan keluarga,” jelas Fadjroel.

Masih dari penuturannya, walaupun pemerintah berharap lonjakan kasus aktif tidak akan terjadi pasca-Lebaran nanti, tetapi dia memastikan langkah antisipasi akan dilakukan seoptimal mungkin.

Fadjroel memastikan bahwa Presiden Jokowi dan seluruh Kabinet Indonesia Maju juga tidak mudik Lebaran. Kemudian, diikuti seluruh pejabat di Pusat dan di daerah. Termasuk peniadaan acara berbuka puasa dan open house Idul Fitri.

BERITA TERKAIT