test

News

Rabu, 12 Mei 2021 14:44 WIB

Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Kemenhub Gencarkan Tes Acak ke Pemudik

Editor: Hadi Ismanto

Kemenhub perbanyak tes acak Covid-19 untuk menekan lonjakan kasus baru saat Lebaran 2021. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperbanyak tes acak kepada para pemudik untuk mengantisipasi potensi lonjakan Covid-19 di masa Lebaran 2021. Dengan begitu, penularan di kampung halaman dapat diminimalisasi.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan ketika terjadi penumpukan yang sulit dikendalikan, kepolisian melakukan diskresi agar di titik selanjutnya bisa dilakukan penyekatan.

"Kita juga akan melakukan random testing, sebagai upaya meminimalisasi potensi penularan di kampung halaman," jelas Adita, Selasa (11/5/2021).

Jubir Kemenhub Adita Irawati. (Foto: BPBD)
Jubir Kemenhub Adita Irawati. (Foto: BPBD)

Kepada masyarakat yang sudah sampai di kampung halama, Adita menyarankan agar melakukan karantina dan menerapkan protokol kesehatan. Ia juga mengingatkan tak semua daerah memiliki kelengkapan fasilitas kesehatan yang sama.

"Kalau bisa melakukan tes antigen mandiri. Jangan sampai pemudik membawa virus dan membahayakan keluarga yang ada di kampung halaman," kata Adita.

Lebih lanjut Adita juga mengusulkan untuk menambah volume dan titik-titik lokasi tes acak sebagai tindak antisipasi pada periode arus balik, utamanya di H+3 dan H+7 Lebaran.

Namun, Adita mengakui usulan tersebut tak mudah dilakukan. Sehingga langkah paling bijak yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan tidak mudik, mengurangi mobilitas, dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

"Ini memang jadi tantangan tersendiri, karena daerah yang dilewati ini akses terhadap alat tes dan ketersediaan infrastruktur kesehatannya mungkin tidak sama," tukasnya.

BERITA TERKAIT