test

News

Kamis, 13 Mei 2021 17:05 WIB

Menag: 13 Mei Hari Istimewa Bagi Umat Islam, Kristiani dan Katolik

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kemenag)

PMJ NEWS -  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkap 13 Mei 2021 merupakan tanggal yang istimewa. Karena hari ini Kamis (13/5/2021) terdapat tiga agama yang merayakan hari besar pada tanggal tersebut.

Yaqut menjelaskan pada 13 Mei ini, umat Islam tengah bersuka cita merayakan kemenangan melalui Hari Raya Idul Fitri. Sementara, bagi umat Kristiani serta Katolik juga tengah memperingati Kenaikan Isa Almasih yang ditetapkan usai 40 hari Paskah.

"13 Mei di tahun ini menjadi hari yang istimewa. Dimana, saat umat Islam tengah merayakan Idul Fitri, mereka yang merupakan umat Katolik dan Kristiani juga sama-sama sedang memperingati Kenaikan Isa Almasih," ungkap Yaqut melalui siaran persnya, Kamis (13/5/2021).

Menurutnya, perayaan hari besar yang diperingati oleh tiga agama ini menjadi momen penting, untuk bisa saling merajut kerukunan, kebersamaan, serta menghargai perbedaan.

Yaqut pun meminta kepada seluruh umat Nasrani yang sedang memperingati Kenaikan Isa Almasih agar dapat menggali makna baik untuk memperkuat moderasi dalam beragama.

Alasannya, dalam peringatan Kenaikan Isa Almasih ini terdapat pesan mendalam agar umatnya tetap bersemangat dalam memberikan pelayanan dimanapun dan kapanpun, termasuk di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Begitupun dengan makna lain, dimana umat Nasrani diajarkan bahwa Tuhan tetap bersama mereka sekalipun dalam keadaan yang sangat sulit.

"Manusia juga terus diingatkan untuk tidak hanya mengedepankan kehidupan material saja, tapi juga spiritual karena tiap kehidupan pasti ada kematian," tandasnya.

BERITA TERKAIT