Kuliner

Kamis, 13 Mei 2021 14:50 WIB

Lebaran Tanpa Santan, Ini Resep Kaldo Madura Cocok Disantap Bersama Ketupat

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Program TV Radio Polri yang menghadirkan menu resep Kaldo Madura bersama Chef Sultan Takdir dan Presenter Rachmawati yang merangkap Pemred TV Radio Polri. (Foto: TV Radio Polri).

PMJ NEWS -  Lebaran, pasti identik dengan makanan yang berbahan dasar santan seperti rendang, sayur nangka, gulai hingga opor ayam. Tentunya, konsumsi santan berlebih pada makanan-makanan khas Lebaran ini kurang baik bagi kesehatan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat membuat jenis hidangan lain untuk lebaran tanpa perlu santan, seperti misalnya makanan khas Madura yang bernama Kaldo.

"Kalau masakan santan sudah biasa ya, jadi kita akan membuat masakan yang sehat tapi tetap nuansanya Lebaran dan sangat cocok untuk disantap dengan ketupat di rumah. Apalagi kalau bukan Kaldo Madura, masakan khas dari Madura," ujar Chef Sultan Takdir, seperti dilansir melalui Polri TV Radio, Kamis (13/5/2021).

Program TV Radio Polri yang menghadirkan menu resep Kaldo Madura bersama Chef Sultan Takdir bersama Presenter Rachmawati yang merangkap Pemred TV Radio. (Foto: TV Radio Polri).
Program TV Radio Polri yang menghadirkan menu resep Kaldo Madura bersama Chef Sultan Takdir dan Presenter Rachmawati yang merangkap Pemred TV Radio Polri. (Foto: TV Radio Polri).

Kaldo ini memiliki bahan utama beberapa bagian daging sapi, seperti jantung, paru, iga, hingga tulang muda.

Penting untuk diketahui, meskipun berbahan dasar daging, jenis hidangan satu ini tetap aman dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan atau menyebabkan tingginya kolesterol pada tubuh, karena ada kacang hijau sebagai kunci utama bahan yang dapat menetralisir daging tersebut.

"Tidak akan kolesterol, karena sudah dinetralisir oleh kacang hijau yang juga menjadi bahan hidangan ini. Adapun, memasaknya tanpa santan, jadi sesuai dengan tema kita yang ingin berlebaran tapi tetap bisa konsumsi makanan enak sehat tanpa mengandung santan," sambungnya.

Menu Resep Kaldo Madura. (Foto: TV Radio Polri).
Menu resep Kaldo Madura. (Foto: TV Radio Polri).

Bagi Anda yang sudah mulai penasaran dan ingin tahu, seperti apa bentuk hidangan bernama Kaldo Madura ini, berikut merupakan bahan serta cara pembuatan yang bisa ditiru di rumah:

Bahan-bahan:

a. Bumbu Halus

- Bawang Merah 11 siung, Bawang Putih 10 siung
- Jahe 2 ruas jari atau 5 cm
- Merica 1 sendok teh
- Jintan 1 sendok teh

b. Bumbu Tumis

- Bawang daun 5 batang
- Daun jeruk 5 lembar
- Sereh 3 batang

c. Bahan

- Kacang hijau 250 gram
- Iga sapi 500 gram
- Paru sapi 250 gram
- Jantung sapi 250 gram
- Kikil dan Tulang muda 250 gram

Cara Memasak:

1. Rebus terpisah bahan-bahan jeroan dan iga sapi hingga empuk. Kemudian tumis bumbu halus tanpa minyak, dan masukan sereh serta daun jeruk, aduk hingga harum.

2. Masukan daun bawang yang sudah dicincang halus dan dibagi dua bagian, pertama saat proses menumis.

3. Setelah bumbu sudah matang dan mengeluarkan minyak, masukan air sebanyak 2000ml, serta masukan kacang hijau jika bumbu dan air tersebut sudah mendidih.

4. Aduk hingga merata, dan masukan iga serta jeroan sapi lainnya yang sudah dipotong kecil ke dalam panci rebusan.

5. Rebus sampai kacang hijau didalamnya merekah, kemudian masukan kembali sisa irisan daun bawang dan bawang goreng sebanyak 3 sendok makan.

6. Aduk merata hingga air menyusut.

7. Setelah air menyusut, matikan kompor dan hidangan Kaldo Madura siap untuk disajikan. 

BERITA TERKAIT