test

News

Minggu, 16 Mei 2021 18:15 WIB

Wow Peredaran Uang Kartal di Jabodetabek Selama Idul Fitri Capai Rp34,8 T

Editor: Ferro Maulana

Peredaran uang kartal. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Bank Indonesia melaporkan peredaran uang kartal selama periode Hari Raya Idul Fitri di wilayah Jabodetabek mencapai Rp34,8 triliun.

Adapun nilai itu naik sekitar 61 persen bila dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu sebesar Rp21,7 triliun.

Kepala Divisi Relasi Media dan Opinion Maker Departemen Komunikasi BI Irfan Farulian menjelaskan peningkatan perputaran uang di wilayah Jabodetabek tersebut mencerminkan asumsi pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro hingga kuartal kedua tahun 2021.

Gedung Bank Indonesia. (Foto: PMJ News/Dok BI)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: PMJ News/Dok BI)

“Bertambahnya permintaan uang kartal pada periode lebaran tahun ini juga disebabkan adanya program bantuan sosial tunai pemerintah yang dibayarkan bertepatan dengan periode Lebaran,” terang Irfan melalui siaran pers secara tertulis kepada wartawan, hari ini Minggu (16/5/2021).

Menurut data penarikan uang kartal perbankan secara nasional hingga 11 Mei 2021 atau hari operasional terakhir sebelum libur Lebaran, uang yang berputar di tengah masyarakat sebesar Rp154,5 trilun (meningkat sekitar 41,5 persen, red).

Di tahun sebelumnya, realisasi penarikan uang kartal oleh perbankan secara nasional berada di angka Rp109,2 triliun.

"Pelarangan mudik Lebaran 2021 kali ini yang berada dalam masa PPKM Mikro juga dapat diperhitungkan sebagai faktor penambah permintaan uang kartal pada periode Lebaran tahun ini,” pungkasnya. 

BERITA TERKAIT