test

Film Musik

Selasa, 18 Mei 2021 16:10 WIB

Diputar Ulang, Milenial Wajib Nonton Film Terbaik Tjoet Nja Dhien Ini

Editor: Fitriawan Ginting

Film Tjoet Nja Dhien. (Foto : PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Anak-anak milenial wajib menyaksikan film legendaris dan terbaik milik Tanah Air berjudul “Tjoet Nja’ Dhien” (Tjoet Nya’ Dhien).

Film yang dinanti masyarakat luas ini akan kembali hadir dan tayang di seluruh bioskop Tanah Air. Film Tjoet Nya’ Dhien akan diputar ulang di bioskop pada Kamis (20/5/2021) saat suplai film nasional ke bioskop tengah sepi akibat pandemi Covid-19.

Penayangan ini bertepatan dengan Hari kebangkitan Nasional, dan direncanakan dilanjutkan di berbagai kota lainnya, seperti Surabaya, Semarang, Makasar, Medan dan sebagainya.

Kepastian penayangan ulang film yang menyabet delapan (8) Piala Citra itu diungkapkan artis sekaligus pemeran utama Tjoet Nya’  Dhien, Christine Hakim, baru-baru ini.

Menurut Christine, film yang diedarkan tahun 1988 itu, atau 33 tahun silam, kini sudah mengalami restorasi menyeluruh di Belanda. Format pita celuloid sudah ditransformasi ke DCP, sehingga gambar lebih jernih dan detail warna juga semakin tajam. 

Durasi yang sebelumnya 130 menit dipangkas menjadi 106 menit karena berbagai pertimbangan teknis.

Christine Hakim bintang utama di film Tjoet Nja Dhien. (Foto : PMJ/Ist).
Christine Hakim bintang utama di film Tjoet Nja Dhien. (Foto : PMJ/Ist).

Menurut Christine Hakim, ada beberapa latar belakang mengapa film ini ditayangkan kembali. Pertama, untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda yang belum pernah menyaksikan film ini di layar lebar, dapat menikmati film ini. ”Khususnya kaum melinial,” kata Christine.

Pesan dalam  dalam film ini, tambah Christine, masih sangat terkoneksi dengan kehidupan masa kini. Kemudian, pemutaran kembali Tjoet  Nya’ Dhien juga sebagai bukti wujud nyata untuk memenuhi anjuran pemerintah agar kita kembali menonton film di bioskop.

“Dan sebaiknya nontonnya film Indonesia!” kata Christine Hakim.

Artis yang telah menggondol sembilan (9) Piala Citra dan menjadi juri di berbagai ajang film internasional ini mengatakan, pemutaran ulang Tjoet Nya’ Dhien juga untuk memberikan  dorongan kepada para pengusaha bioskop agar memperoleh film Indonesia yang layak tayang di bioskop.

Ketika bioskop kekurangan suplai film nasional di era pandemi Covid-19, film Tjoet Nya’ Dhien yang telah direstorasi hadir memberikan semangat pemecahan. ”Semacam simbiose multialistis atau saling menguntungkan antara produser dan pengusaha bioskop,” ujar Christine.

Para pemain film Tjoet Nja Dhien. (Foto : PMJ/Ist).
Para pemain film Tjoet Nja Dhien. (Foto : PMJ/Ist).

Sutradara Tjoet Nya’ Dhien, Eros Djarot, menambahkan, banyak aspek dapat dilihat dari kehadiran kembali film ini.

”Tetapi dari kacamata praktis, kita memberikan sajian film yang mudah-mudahan dapat jadi tontonan dan tuntunan,” tutur Eros.

Film Tjoet Nya’ Dhien dalam Festival Film Indonesia (FFI) 1988 menyabet delapan (8) Piala Citra, masing-masing untuk unsur Film Terbaik, Sutradara Terbaik  (Eros Djarot), Pemeran Wanita Terbaik (Christine Hakim), Skenario Terbaik (Eros Djarot), Cerita Asli Terbaik ( Eros Djarot), Tata Sinematografi Terbaik  (George Kamarullah), Tata Artistik Terbaik (Benny Benhardi),  dan Tata Musik Terbaik (Idris Sardi).

Tjoet Nya’ Dhien  selain dilakoni Christine Hakim dan Slamet Rahardjo juga diperankan oleh aktor-aktor terkenal lainnya seperti Piet Burnama, Rudy Wowor, Rosihan Anwar, Ibrahim Kadir, dan banyak nama lainnya. Ketika memerankan tokoh Tjoet Nya’ Dhien , Christine masih berusia 31 tahun. Sedangkan Eros masih berusia 38 tahun. Yes, Tjoet Nya’ Dhien is back!

BERITA TERKAIT