test

News

Kamis, 20 Mei 2021 13:35 WIB

Jokowi Ajak Masyarakat Banjiri Ruang Digital dengan Konten Positif

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tantangan ruang digital saat ini semakin besar. Oleh karena itu, Kepala Negara mengajak masyarakat untuk terus membanjiri ranah siber dengan konten-konten positif.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional yang disiarkan kanal YouTube Kominfo, Kamis (20/5/2021).

"Konten-konten negatif terus bermunculan. Kejahatan di ruang digital terus meningkat, hoaks, penipuan daring, perjudian, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa," ungkap Jokowi.

"Kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten-konten negatif. Membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif, banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif," sambungnya.

Dengan banyaknya konten negatif yang kian bermunculan di ranah digital, kata Jokowi, masyarakat harus meningkatkan kecakapan digital agar mampu lebih banyak menciptakan konten-konten kreatif, edukatif yang menyejukkan dan menyebarluaskan perdamaian.

"Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas, perbanyak UMKM on boarding ke platform e-commerce sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan literasi digital merupakan kerja besar. Menurut dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian untuk memberikan literasi digital kepada masyarakat.

Karena itu, Jokowi pun mengapresiasi 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam program literasi digital nasional. Dia berharap gerakan ini terus dilakukan agar masyarakat Indonesia semakin cakap dalam memanfaatkan internet.

"Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar semakin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif," tukasnya.

BERITA TERKAIT