test

News

Senin, 24 Mei 2021 20:04 WIB

Ketua KPCPEN: Kasus Baru Covid-19 Pasca Libur Lebaran Mulai Naik Pekan Ini

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: PMJ News/Instagram @airlanggahartarto).

PMJ NEWS - Pemerintah menyebut peningkatan kasus Covid-19 mulai terlihat pada pekan ini. Sebelumnya, pada pekan lalu kasus positif berada di kisaran 3.800 hingga 4 ribuan. Sedangkan dalam berapa hari ini mencapai 5 ribuan.

"Ada kenaikan tapi masih jauh lebih kecil dibandingkan (usai libur) Lebaran tahun kemarin," ujar Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto usai rapat bersama Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, .

Adapun sejumlah provinsi yang mengalami kenaikan kasus sepekan terakhir di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, DKI, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, Maluku Utara.

Airlangga memastikan akan terus memonitor penambahan kasus COVID-19 dalam 4-5 minggu ke depan. Hal ini berkaca pada libur Natal dan Tahun baru kemarin, kenaikan kasus terjadi pada 5 Februari 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan ada dua penyebab kenaikan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir. Di antaranya dari mobilitas masyarakat yang meningkat saat Lebaran dan mutasi varian baru.

"Pada empat hari terakhir terjadi peningkatan kasus baru di atas 5 ribu, ini menunjukkan mobilisasi pasca Lebaran dan Ramadan itu sudah mulai terlihat," tutur Dante.

BERITA TERKAIT