test

News

Kamis, 27 Mei 2021 19:05 WIB

Kemenkes Prediksi Puncak Kasus Covid-19 Libur Lebaran Terjadi Juni

Editor: Hadi Ismanto

Pasien Covid-19 yang tengah dirawat di rumah sakit. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi puncak kasus Covid-19 pasca Idul Fitri terjadi pada Juni mendatang. Perkiraan tersebut berdasarkan evaluasi dan peningkatan kasus sebelumnya.

"Kita menghitung dari evaluasi peningkatan tren kasus gradiennya itu dihitung. Kita asumsikan pada pertengahan Juni akan terjadi peningkatan," ujar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Kamis (27/5/2021).

Menurut Dante, peningkatan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran sejatinya sudah mulai terlihat pada pekan ini. Diperkirakan akan semakin meningkat pada minggu berikutnya, yang Diprediksi akan terjadi hingga 50 persen kasus.

"Sebanyak 50 persen kasus dibandingkan dengan sebelumnya pada liburan pasca Idul Fitri. Sehingga kami melakukan asusmsi peningkatan ketersediaan obat dengan menyediakan obat 50 persen lebih besar dibandingkan tiga bulan ke depan," tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, pemerintah juga sudah menyiapkan ruang intensif untuk perawatan pasien Covid-19. Saat ini tersedia 7.615 tempat tidur. Sedangkan untuk ruang isolasi, tersedia 71.506 tempat tidur.

"Sehingga kita masih punya kira-kira 300 persen kapasitas BOR (bed occupancy) untuk menjaga kalau ada peningkatan kasus. Jadi memang BOR dan konversi bed ini sudah dilakukan teman-teman rumah sakit," jelasnya.

Selain itu, Kemenkes juga sudah menyiapkan ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19. Pemerintah berkaca dari kasus kematian akibat Covid-19 di India, yang mayoritas terjadi karena kekurangan oksigen.

"Kami menambah kapasitas mutu dan penambahan jumlah oksigen yang cukup baik, sehingga bisa menjangkau yang 76 ribu kasus dalam isolasi tadi. Agar pasien bisa tetap terjaga dan kapasitan oksigen cukup di rumah sakit," tukasnya.

BERITA TERKAIT