News

Sabtu, 5 Juni 2021 10:06 WIB

Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Guru Agar Pembelajaran Tatap Muka Optimal

Editor: Hadi Ismanto

Pelayan publik tengah menerima suntikan vaksin Covid-19. (Foto: PMJ News/Istimewa).

PMJ NEWS - Pemerintah terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi guru dan tenaga kependidikan. Hal ini untuk memastikan realisasi pembelajaran tatap muka (PTM) dilakukan optimal pada Juli saat mulainya tahun pelajaran 2021/2022.

"Upaya vaksinasi terus dimasifkan baik melalui vaksinasi sesuai tahapan prioritas atau vaksinasi massal melalui distribusi vaksin ke berbagai daerah di Indonesia," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid, Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Jumat (4/6/2021).

"Perlu diingat bahwa pembukaan sektor pendidikan dilakukan bertahap sesuai kesiapan masing-masing daerah," sambungnya.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).
Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).

Sebelumnya, pemerintah menargetkan pembelajaran tatap muka terbatas dimulai Juli 2021. Hal itu tertuang dalam Pengumuman Keputusan Bersama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menyebut salah satu upaya percepatan pembelajaran tatap muka adalah dengan memberikan vaksin Covid-19 kepada pendidik dan tenaga kependidikan.

"Vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan ditargetkan selesai paling lambat bulan Juni 2021. Ini sesuai dengan komitmen dari Pak Menkes," jelas Muhadjir seperti disiarkan YouTube Kemendikud RI, Selasa (30/3/2021) silam.

Dengan begitu, kata Muhadjir, pada tahun ajaran baru bulan Juli 2021 nanti, seluruh satuan pendidikan pun diharapkan mulai menggelar pembelajaran tatap muka secara terbatas.

"Sehingga pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021, diharapkan seluruh satuan pendidikan dapat menyediakan layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas," tutur Muhadjir.

BERITA TERKAIT