test

News

Senin, 7 Juni 2021 10:50 WIB

Uji Coba Jalur Road Bike, Pemprov DKI Klaim Pesepeda Sudah Tertib

Editor: Hadi Ismanto

Pesepeda tertib tidak keluar dari jalur sepeda. (Foto: PMJ News/Instagram @caturnugroho_id).

PMJ NEWS - Pemprov DKI Jakarta menggelar uji coba jalur road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Pengujian ini dilaksanakan pada Senin (7/6/2021) mulai pukul 05.00 hingga 06.30 WIB.

Terkait uji coba ini, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengklaim seluruh pengguna road bike tertib berada di jalur yang sudah disediakan.

"Pegiat road bike yang biasanya mereka gunakan lajur paling kanan, saat ini mereka sudah menggunakan lajur paling kiri. Jadi mereka sudah konsisten," ungkap Syafrin di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (7/6/2021).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (Foto: PMJ News/Dishub DKI Jakarta).
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (Foto: PMJ News/Dishub DKI Jakarta).

"Kita harapkan ke depan melalui sosialisasi edukasi ini, semua pengguna jalan itu memahami bahwa jalan ini adalah jalan bersama untuk digunakan. Dan tentunya perlu ada pengaturan secara komprehensif," sambungnya.

Menurut Syafrin, uji coba jalur road bike ini akan dilakukan secara rutin setiap Senin-Jumat. Kendati begitu, Dishub DKI Jakarta belum menentukan jalur tersebut akan diresmikan

"Terus kami lakukan uji coba untuk menerima masukan, menilai aspek teknis, dan pola operasional. Sehingga dalam pengaturannya itu masih implementasi, belum tahu berapa lama (uji coba)," tuturnya.

Apabila waktu sudah menunjukkan pukul 06.30 WIB, kata Syafrin, para pesepeda bakal dieliminir dari jalur kendaraan bermotor Sudirman-Thamrin ke jalur khusus sepeda.

"Dieliminir, sehingga setelah waktu 06.30 WIB tidak ada lagi pegiat sepeda yang bercampur dengan kendaraan bermotor. Semuanya pesepeda wajib masuk ke jalur sepeda permanen," tukasnya.

BERITA TERKAIT