test

News

Senin, 7 Juni 2021 16:20 WIB

Menkes: Lonjakan Kasus Covid-19 di Bangkalan Madura Akibat Kepulangan PMI

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto : PMJ/Dok Sekpres).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, terjadi akibat kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Di Bangkalan, Madura banyak pekerja migran Indonesia yang pulang dari negara tetangga," jelas Menkes Budi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (7/6/2021).

Menurut Budi, lonjakan kasus baru ini tentunya memicu kenaikan okupansi rumah sakit di Bangkalan. Saat ini, tingkat keterisian rumah sakit di daerah itu meningkat hingga 80 pasien, padahal sebelumnya hanya 10 orang.

"Di Bangkalan, yang tadinya tempat tidur isolasinya terisi pasien sekitar 10-an, sekarang juga dalam satu setengah minggu naik ke angka 70 sampai 80-an," tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bangkalan, angka kasus Covid-19 usai libur Lebaran 2021 memang sangat mengkhawatirkan. Setidaknya ada 34 kasus kematian dalam 14 hari. Dalam sepekan ini terdapat 169 kasus aktif.

Untuk mengurai beban keterisian di rumah sakit Bangkalan, kata Menkes, pemerintah telah merujuk pasien dengan gejala berat dan sedang ke kota terdekat.

Sementara untuk menyelesaikan masalah di hulu, kepala daerah diminta memperketat protokol kesehatan yakni; #pakaimasker, #cucitangan, dan #jagajarak.

"Testing, tracing dan treatment juga harus diperkuat. Pemerintah juga akan mengirimkan vaksin untuk menekan laju penularan kasus. "Di Bangkalan juga akan segera kami drop 50 ribu dosis vaksin untuk mengurangi laju penularan," tukasnya.

BERITA TERKAIT