test

News

Selasa, 8 Juni 2021 10:35 WIB

Satgas Tegaskan Vaksin Bukan Obat Penyembuhan Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB).

PMJ NEWS - Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan vaksin bukan obat untuk menyembuhkan infeksi akibat virus Corona. Pemberian vaksin berfungsi sebagai salah satu bentuk pencegahan.

"Vaksin Covid-19 bukan diperuntukkan melakukan pengobatan," tegas Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

"Fungsi dari vaksin adalah untuk melakukan pencegahan terhadap penularan Covid-19 ataupun mencegah seseorang yang tertular untuk tidak mengalami gejala yang buruk akibat terinfeksi," sambungnya.

Wiku juga menyampaikan, hingga kini obat untuk menyembuhkan Covid-19 masih dalam tahap pengembangan. Jadi cara terbaik saat ini adalah menerapkan disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi.

"Upaya terbaik dalam menghindari Covid-19 adalah melakukan pencegahan, melalui disiplin protokol kesehatan, dan melakukan kegiatan vaksinasi apabila dimungkinkan," tuturnya.

Menurut Wiku, dalam upaya menangani pandemi Covid-19 ini tidak hanya dilakukan dengan vaksinasi saja. Dia menyebut berbagai solusi harus dilakukan secara paralel dan kolektif.

Solusi tersebut di antaranya menegakkan testing dan karantina pelaku perjalanan internasional untuk menekan bertambahnya varian baru yang masuk, menggiatkan whole genome sequencing, tetap disiplin protokol kesehatan, serta tetap melanjutkan vaksinasi.

BERITA TERKAIT