test

Hukrim

Selasa, 8 Juni 2021 09:07 WIB

Polri: 11 Terduga Teroris Merauke Terkait Jaringan Makassar

Editor: Hadi Ismanto

Karopenmas Brigjen Pol Rusdi Hartono berikan keterangan. (Foto : PMJ/Dok Polri).

PMJ NEWS - Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono memastikan 11 terduga teroris di Merauke, Papua, terkait dengan kelompok kajian Villa Mutiara di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Ya sekali lagi ada kontak di antara mereka itu. Karena memang kasus di Merauke itu hasil pengembangan dari Makassar. Jadi Makassar, Balikpapan, dan Merauke itu ada saling keterkaitan kelompoknya (Villa Mutiara)," ujar Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Senin (7/6/2021).

Menurut Rusdi, seluruh terduga teroris yang ditangkap di Merauke itu sudah saling mengenal. Bahkan 11 orang tersebut juga pernah mengaji bersama.

"Ya tidak hanya itu saja (bergabung dalam 1 WhatsApp group). Di antara mereka sudah saling bisa kenal orang-orang di Merauke. Iya pernah, mereka pernah ketemu," ucapnya.

Para terduga teroris tersebut berasal dari Makassar yang terpaksa menyingkir karena Densus 88 sedang melakukan penegakan hukum pasca-bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar.

"Di antara mereka ada yang keluar dari Makassar menuju ke Merauke. Karena apa? Karena aktivitas penegakan hukum yang tinggi, yang dilakukan oleh Densus terhadap kelompok-kelompok teroris di tanah air, seperti itu," kata Rusdi.

BERITA TERKAIT