test

News

Selasa, 8 Juni 2021 10:50 WIB

Soal Jalur Road Bike di GBK, Ini Kata Wagub DKI Jakarta

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: PMJ News/Pemprov DKI).

PMJ NEWS - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan pihaknya sampai saat ini masih terus terbuka mengenai saran dan masukan terkait penerapan jalur khusus road bike di wilayah DKI Jakarta. Termasuk dengan pemberlakuan jalur road bike di sejumlah fasilitas umum seperti Gelora Bung Karno (GBK).

“Silakan saja, itukan baru masukan ya (jalur road bike di GBK),”  ungkap Riza, Selasa (8/6/2021).

Selain mempertimbangkan masukan masyarakat untuk membuka jalur road bike di titik fasilitas umum, Riza juga menjelaskan pihaknya tengah membahas usulan dari Polda Metro Jaya untuk membangun jalur khusus road bike di beberapa titik lainnya.

“Masukan dari Polda Metro khususnya dari Dirlantas juga baik ya, yakni untuk membangun beberapa titik agar jalur road bike tidak hanya terkonsentrasi di satu tempat saja. Ini sedang kita bahas lebih lanjut,”  imbuhnya.

Sebagai informasi, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menerangkan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang hanya dapat dilintasi oleh pesepeda road bike saja. Lantaran, perbedaan kecepatan dengan sepeda non-road bike, sehingga jalurnya harus dipisahkan.

“Kita sadari di tengah masyarakat yang bersepeda ada pemisahan kecepatan. Jadi khusus untuk road bike itu kecepatan rata-ratanya 40 km/jam sedangkan untuk non road-bike 20-25 km/jam, sehingga dipisah demi keselamatan dan kenyamanan bersama,” terang Syafrin.

BERITA TERKAIT