News

Selasa, 8 Juni 2021 17:00 WIB

China Terbitkan Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac untuk Anak-anak

Editor: Hadi Ismanto

Vaksin asal China, Sinovac. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - China akan menjadi negara pertama di dunia yang memberikan vaksin Covid-19 untuk kelompok anak-anak yang berusia tiga tahun ke atas. Kepastian ini diperoleh setelah pemerintah menyetujui penggunaan darurat vaksin untuk anak.

Seorang Juru Bicara Perusahaan Vaksin Sinovac mengatakan, vaksin buatan perusahaannya tersebut telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak.

"Dalam beberapa hari terakhir, vaksin Sinovac disetujui untuk penggunaan darurat pada anak berusia tiga hingga 17 tahun," demikian pernyataan juru bicara Sinovac seperti dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (8/6/2021).

Kendati begitu, dia tidak mengkonfirmasi kapan anak-anak dapat mulai menerima suntikan vaksin Sinovac. Dikatakannya, jadwal peluncuran vaksinasi akan diputuskan oleh Komisi Kesehatan Nasional.

"Sesuai dengan kebutuhan pencegahan dan pengendalian epidemi China saat ini dan pasokan vaksin," ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Sinovac telah menyelesaikan uji coba fase awal vaksin pada anak-anak dan remaja, dengan hasil yang akan segera dipublikasikan di jurnal ilmiah Lancet.

Sebelumnya, media CCTV melaporkan pada akhir pekan bahwa seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya di satuan tugas respons epidemi Dewan Negara mengatakan, vaksin telah disetujui untuk anak-anak, dan "keamanan dan efektivitas" telah terbukti.

Seorang juru bicara vaksin China lainnya, Sinopharm mengatakan bahwa para ahli telah menunjukkan keefektifan vaksinnya pada anak-anak, tetapi dia tidak mengkonfirmasi apakah vaksin Sinopharm juga telah disetujui untuk digunakan.

Pejabat-pejabat China mengatakan mereka bermaksud untuk memvaksinasi 70 persen dari jumlah populasi 1,41 miliar pada akhir tahun ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyetujui vaksin Sinopharm dan Sinovac untuk penggunaan darurat pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas, dan kedua vaksin tersebut diberikan di beberapa negara di seluruh dunia.

Sementara WHO saat ini tidak merekomendasikan vaksinasi Corona pada anak-anak, tapi Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan Uni Eropa telah menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech untuk mereka yang berusia 12 tahun.

BERITA TERKAIT