News

Rabu, 9 Juni 2021 10:50 WIB

Tinjau Stasiun LRT, Jokowi Harap Juni 2022 Mulai Beroperasi

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Presiden Jokowi berikan keterangan. (Foto : PMJ/Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Stasiun Light Rail Transit atau LRT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (9/6/2021) pagi. Jokowi menyebut perkembangan pembangunan LRT telah mencapai 84,7%.

“Sudah selesai kurang lebih 84,7 persen untuk proses pembangunannya. Kita harapkan, pada April 2022 sudah bisa diujicobakan dan akan kita mulai untuk operasionalnya pada Juni 2022,” ungkap Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan langsung dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/6/2021).

Jokowi menerangkan, pembangunan LRT ini dilakukan dengan tujuan untuk mengintegrasikan transportasi massal di wilayah Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi), seperti MRT, Kereta Bandara, hingga bus Transjakarta.

Jokowi di dalam LRT. (Foto : PMJ/YouTube Setpres).
Jokowi di dalam LRT. (Foto : PMJ/YouTube Setpres).

“Sehingga dapat terjadi efisiensi saat orang bepergian dari satu titik ke titik lain,” imbuhnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menambahkan, target pembangunan dan operasional LRT tersebut akan dimulai pada pertengahan tahun 2022. Lantaran, pihaknya membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk melakukan uji dinamis demi keselamatan calong penumpang.

“Harapannya, LRT ini dapat dioperasikan tahun depan. Sebagian sarana dan prasarana pun telah selesai. Kami tentunya ingin mempersiapkan dengan waktu yang cukup untuk melakukan uji dinamis. Aspek keselamatan jelas sangatlah penting untuk angkutan massal di Indonesia,”  tukas Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

BERITA TERKAIT