test

News

Kamis, 10 Juni 2021 09:07 WIB

Pemerintah Siapkan Jadwal Vaksinasi Bagi Usia 18 Tahun ke Atas

Editor: Hadi Ismanto

Vaksinasi dinilai sebagai salah satu upaya paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fifi).

PMJ NEWS - Pemerintah tengah membahas kebijakan dan jadwal untuk vaksinasi bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas. Hal ini sebagai upaya mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pada prinsipnya pemerintah berupaya untuk mencapai target cakupan vaksinasi bagi 70 persen masyarakat Indonesia.

Namun, lanjut Wiku, sebelumnya vaksinasi masih dilakukan terhadap kelompok prioritas untuk lanjut usia (lansia) dan pra-lansia. Kelompok ini diprioritaskan karena memiliki risiko penularan tinggi serta tenaga pengajar.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB).
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB).

"Usia di atas 18 tahun adalah salah satu kelompok yang jadi target dan tentu akan kami vaksinasi sesuai prioritas. Pemerintah sudah siapkan schedule terkait ketersediaan vaksinnya," ungkap Wiku dalam konferensi pers, Rabu (9/6/2021).

Sebelumnya, vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas resmi digulirkan di DKI Jakarta. Sebelumnya, tahap ketiga vaksinasi masih menyasar kelompok pra lansia usia 50 tahun ke atas.

"Vaksinasi masyarakat umum 18 tahun di Jakarta, sementara pakai vaksin AstraZeneca," tutur Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

BERITA TERKAIT