test

News

Kamis, 10 Juni 2021 07:19 WIB

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemerintah Imbau Masyarakat Disiplin Prokes!

Editor: Ferro Maulana

Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Prima. (Foto: Kemenkes)

PMJ NEWS -  Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk terus disiplin protokol kesehatan (prokes) dalam mencegah penularan Covid-19.

Kemenkes juga terus melakukan tracing dan upaya pencegahan lainnya.

"Dua sisi (pemerintah dan masyarakat, red) ini harus saling sinergi dan menguatkan," tutur Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Prima, Kamis (10/6/2021).

Oscar melanjutkan, pasca libur panjang seperti Lebaran, biasanya terjadi peningkatan kasus Covid-19, dan akan mencapai puncaknya sekitar lima sampai tujuh pekan mendatang.

"Jadi, kemungkinan kenaikan kasus itu diperkirakan dan sampai puncaknya nanti di tengah dan di akhir bulan Juni. Saat ini tren lagi naik," jelasnya.

Karena itu, menurutnya, harus dilakukan dengan disiplin dan penanganan pandemi Covid-19 harus diperkuat termasuk kesiapan sumber daya manusia, alat, obat, dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

Sementara itu, dalam menghadapi Covid-19 perlu penguatan dan penegakan disiplin protokol kesehatan pada tingkat keluarga, perkantoran, pesantren, tempat wisata, pasar dan sebagainya.

Kegiatan keagamaan dan sosial di masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan.

BERITA TERKAIT