test

News

Selasa, 15 Juni 2021 17:35 WIB

Satgas Covid-19: Kenaikan Kasus Terjadi di Daerah Tujuan dan Asal Pemudik

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB).

PMJ NEWS - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan peningkatan kasus Covid-19 hingga kini masih terjadi. Tercatat pada Senin (14/6/2021), seluruh provinsi di Pulau Jawa menyumbang kasus Covid-19 tertinggi.

"Lima provinsi teratas yang mengalami kenaikan kasus seluruhnya berasal dari Pulau Jawa yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur," ungkap Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (15/6/2021).

"Bahkan provinsi keenam teratas juga berasal dari Pulau Jawa, yaitu Provinsi Banten, dengan kenaikan kasus lebih dari 400 hingga 7.000 kasus di minggu ini," sambungnya.

Menurut Wiku, peningkatan kasus tersebut terjadi di daerah yang menjadi tujuan mudik. Adapun, perincian peningkatan kasus di lima provinsi tersebut adalah 7.132 kasus di DKI Jakarta, Jawa Tengah 4.426, Jawa Barat 2.050, dan Yogyakarta 973 kasus.

"Kenaikan kasus pada minggu kelima pasca periode Idulfitri ini jelas terlihat pada daerah tujuan mudik serta daerah yang menjadi asal pemudik," ujarnya.

Wiku menilai peningkatan kasus yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini sangat mengkhawatirkan. Dia meminta pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus waspada serta mematuhi protokol kesehatan.

"Kondisi yang mengkhawatirkan ini patut menjadi perhatian bagi pemerintah daerah serta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan segera menetapkan strategi pengendalian kasus yang sesuai dengan kondisi dan kapasitas masing-masing daerah," tukasnya.

BERITA TERKAIT