test

Hukrim

Rabu, 16 Juni 2021 20:01 WIB

Terekam CCTV, Komplotan Pencuri di Jaktim Diburu Polisi

Editor: Hadi Ismanto

Komplotan pencuri beraksi di wilayah Makasar, Jakarta Timur. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Komplotan pencuri yang menyatroni rumah seorang warga di Jalan Masjid Al-Falah, RT 07 RW 02, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Peristiwa ini terjadi pada Rabu (9/6/2021), sekitar pukul 11.50 WIB.

Kapolsek Makasar, Kompol Tumpak Ferison Hutagaol menyebut para pelaku diduga berjumlah tujuh orang. Dalam menjalankan aksinya, para pelaku berbagi peran. Satu orang mengaku sebagai petugas kelurahan, sedangkan lainnya masuk untuk menjarah barang-barang.

"Awalnya kedua ART, atas nama Nova dan Muhiddin didatangi seorang pria yang mengaku petugas kelurahan," ujar Kompol Tumpak saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (16/6).

Tumpak mengatakan, saat itu satu pelaku yang mengaku petugas kelurahan meminta kedua ART untuk keluar dengan modus membantu pengukuran jalan untuk pengerjaan proyek dan penebangan pohon. Tanpa curiga, kedua ART menuruti permintaan tersebut.

"Saat mereka keluar rumah itu, datang pelaku lain lalu masuk ke rumah korban. Jadi pelaku yang mengaku sebagai petugas kelurahan ini bertugas mengalihkan perhatian kedua ART," tuturnya.

Lebih lanjut Tumpak menjelaskan, dari rekaman CCTV terlihat keempat pelaku bergantian masuk ke rumah korban. Sementra dua pelaku lain yang mengemudikan sepeda motor menunggu di depan rumah.

Para pencuri itu, menurut Tumpak, berhasil menggasak uang sebesar Rp2 juta dan juga telepon genggam. Saat ini, polisi masih melakukan pengejaran terhadap komplotan pencuri itu kini dalam pengejaran polisi.

"Mereka tidak sadar saat pelaku masuk. Baru tahu kejadian setelah pelaku pergi dan saat masuk rumah mendapati kamar berantakan," tukasnya.

BERITA TERKAIT