test

Olahraga

Kamis, 17 Juni 2021 08:01 WIB

Bantai Swiss, Timnas Italia Lolos 16 Besar Euro 2021

Editor: Ferro Maulana

Selebrasi para pemain Timnas Italia saat sukses melaju ke 16 besar Euro 2021 pasca menaklukkan Swiss. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Timnas Italia memastikan diri lolos ke babak 16 besar (perdelapan final) setelah membantai Swiss dengan skor meyakinkan 3-0 dalam pertandingan lanjutan Grup A Euro 2021 di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (16/6/2021) atau Kamis (17/6/2021) dini hari WIB.

Adapun Manuel Locatelli berhasil menjadi pahlawan kemenangan Italia berkat dua golnya ke gawang Swiss.

Gelandang Sassuolo ini memang menjadi salah satu calon bintang turnamen. Dan ia memanfaatkan penuh kesempatan yang diperoleh menyusul cedera yang hingga sekarang masih membekap pilihan utama Roberto Mancini, Marco Verratti.

Selebrasi para pemain Timnas Italia saat sukses melaju ke 16 besar Euro 2021 pasca menaklukkan Swiss. (Foto: Dok Net)
Selebrasi para pemain Timnas Italia saat sukses melaju ke 16 besar Euro 2021 pasca menaklukkan Swiss. (Foto: Dok Net)

Kemenangan itu sekaligus membuat Italia kembali ke puncak klasemen Grup A, pasca sempat digusur oleh Wales beberapa jam sebelumnya.

Dengan koleksi enam poin hasil dua kali menang, Italia dipastikan akan finis jadi pemuncak atau runner up klasemen akhir Grup A.

Memulai babak pertama, Locatelli membuka keunggulan Italia pada menit ke-26, dimana ia berlari kencang dari tengah lapangan ke dalam kotak penalti Swiss untuk menyambut umpan tarik Domenico Berardi dengan tendangan mudah.

Kemudian, pemain berusia 23 tahun tersebut menggandakan keunggulan Italia tujuh menit memasuki babak kedua dengan instingnya melepaskan tendangan keras dari tepian kotak penalti yang membuat kiper Yann Sommer mati langkah.

Swiss sempat berpeluang membalas pada menit ke-64 saat Steven Zuber memaksa kiper Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang di area tiang dekat.

Bola yang masih hidup berusaha dikirimkan oleh Zuber ke arah Breel Embolo, tetapi Donnarumma segera mengamankannya.

Permainan Swiss yang tak kunjung berkembang sukses dimanfaatkan oleh Italia untuk menyimpan tenaga mereka. Bahkan semenit jelang bubaran waktu normal Ciro Immobile melengkapi kemenangan tuan rumah jadi 3-0.

Menerima umpan dari Rafael Toloi yang sebelumnya mencuri bola dari Djibril Sow, Immobile melepaskan tendangan terukur spekulatif dari luar kotak penalti yang gagal dihentikan oleh Sommer.

Laga selanjutnya, Italia bakal menjamu Wales dalam perebutan posisi puncak Grup A pada Minggu (20/6/2021) di Roma, saat Swiss harus terbang ke Baku, Azerbaijan, untuk menghadapi Turki.

BERITA TERKAIT