test

News

Kamis, 17 Juni 2021 16:20 WIB

Polri Sebut Terduga Teroris Ditangkap di Bogor Sebagai Penyuplai Bahan Bom

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Divisi Humas Polri).

PMJ NEWS - Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyebut terduga teroris berinisial KDW yang ditangkap di Bogor, pada Senin (14/6/2021) lalu berperan aktif sebagai penyuplai bahan kimia untuk pembuatan bom bagi para teroris kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Tersangka merupakan bagian kelompok JAD, dia penyuplai bahan kimia yang digunakan sebagai bahan peledak terorisme lain," ujar Ramadhan kepada wartawan, Kamis (17/6/2021).

Adapun masing-masing teroris yang mendapatkan bahan kimia dari tersangka KDW antara lain, PHP pelaku teror yang ditangkap pada Februari 2016, tersangka WB yang diamankan pada Oktober 2019.

Kemudian, tersangka berinisial WHK pelaku teror yang diringkus pada 8 Mei 2021, serta ZA yang mendapatkan bahan kimia pada Januari 2021 dan diamankan 29 Maret 2021 lalu.

Ramadhan melanjutkan, terdapat beberapa barang bukti lainnya yang diamankan dari tersangka KDW, antara lain buku tentang penyimpangan ajaran lain, buku ajaran berjihad, serta buku peracikan bahan kimia menjadi peledak.

"Ada beberapa barang bukti selain buku ajaran berjihad, juga buku tentang bagaimana peracikan bahan kimia dijadikan peledak, buku lain tentang penyimpangan dari sesuatu ajaran serta beberapa jenis bahan kimia totalnya hingga 47 jenis barang bukti," imbuhnya.

"Ini dia terbukti dari buku tersebut, mempelajari cara bagaimana menjadikan bahan kimia sebagai peledak. Kemudian dia juga berperan sebagai admin dalam grup Facebook dan menyebarkan konten-konten Daulah serta cara membuat dan menggunakan bahan peledak," tukasnya.

Lebih lanjut diketahui, tersangka KDW ini melakukan aksi pembuatan bahan peledak dan menyebarkan konten Daulah seorang diri.

"Enggak ya, dia sendiri," pungkas Ramadhan.

BERITA TERKAIT