Kuliner

Selasa, 22 Juni 2021 13:05 WIB

Yuk, Rayakan HUT DKI Jakarta dengan Kuliner Khas Betawi!

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Kue rangi khas Jakarta. (Foto: PMJ News/pinterest)

PMJ NEWS - DKI Jakarta berulang tahun ke-494 pada hari ini, 22 Juni 2021. Masih seperti tahun sebelumnya, perayaan hari jadi ibu kota dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

Meski tengah dihantam virus Corona, warga Jakarta tetap bisa merayakannya dengan sukacita, antara lain mencicipi berbagai ragam kuliner khas Betawi yang menggugah lidah.

Berikut ini 5 kuliner lezat khas kota Jakarta yang bisa kamu nikmati di perayaan HUT DKI Jakarta kali ini:

1. Kue rangi

Kue tradisional Betawi ini memiliki keunikan tersendiri. Terbuat dari campuran tepung kanji dan tambahan kelapa parut, nantinya adonan akan dipanggang di cetakan khusus di atas tungku kecil dan ditutup agar cepat matang. Agar semakin nikmat, kue rangi akan disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji. Sayangnya, kue ini sudah jarang ditemui, namun beberapa pedagang kue rangi masih bisa ditemui di beberapa pasar tradisional di Jakarta.

2. Asinan Betawi

Hidangan satu ini memiliki citarasa yang segar, karena terbuat dari sayuran yang diawetkan, yaitu sawi asin. Satu porsi asinan betawi akan berisi sawi asin dan sayuran segar seperti wortel parut, kubis iris, taoge, dan selada. Hidangan ini dilengkapi dengan tahu kuning potong yang bertekstur lembut dan disiram bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan cabai. Hidangan ini akan makin nikmat jika diberi taburan kacang goreng, juga kerupuk mie kuning.

Kerak telur, makanan khas Jakarta. (Foto: PMJ News/pinterest)
Kerak telur, makanan khas Jakarta. (Foto: PMJ News/pinterest)

3. Gado-gado

Makanan satu ini populer di banyak orang. Terdiri dari sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, lalu disiram dengan kuah bumbu kacang yang bercitarasa pedas, manis dan gurih. Sebagai pelengkap, gado-gado bisa ditambahkan irisan telur rebus, tahu, dan tempe goreng juga kerupuk.

4. Soto Betawi

Makanan berkuah ini banyak disukai karena kuahnya yang gurih. Kenikmatan makanan ini ada pada kuahnya yang kental dan perpaduan yang pas dari santan dan susu. Soto asli ibu kota ini terkenal dengan isian soto yang berupa jeroan sapi. Soto Betawi sangat pas dinikmati bersama perasaan jeruk limau dan emping.

5. Kerak telur

Makanan ini punya nama yang unik, tapi rasanya enak. Makanan ini terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering, ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan. Bumbunya sendiri berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Paduan bumbu ini yang bikin rasa kerak telur jadi istimewa di lidah, karena rasanya yang gurih, berpadu dengan rasa manis dengan tekstur yang khas.

BERITA TERKAIT