test

News

Senin, 12 Juli 2021 10:05 WIB

Hindari, Makanan Ini Dilarang untuk Pasien Covid-19 yang Jalani Isoman

Editor: Hadi Ismanto

Pasien Covid-19 yang isolasi di rumah disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Selama menjalani isolasi mandiri di rumah, pasien Covid-19 disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan vitamin. Selain itu dianjurkan pula menghindari makanan yang memiliki kandungan gula, garam dan minyak.

Seorang dokter spesialis gizi klinik, Maria Ingrid Budiman mengungkapkan makanan tersebut berpotensi mengakibatkan peradangan di dalam tubuh.

"Semua yang mengandung gula, baik dari makanan atau minuman manis. Itu bikin parah risiko peradangan. Penggunaan kecap manis juga itu tinggi gula," jelas dr Ingrid beberapa waktu lalu dalam bincang live di Instagram.

Selain itu, pasien juga wajib menghindari asupan minyak berlebih yang didapat dari makanan yang digoreng, sup, bakso, bahkan sayuran yang dimasak dengan proses tumis.

"Sup kan ada yang banyak minyaknya, bakso juga kadang-kadang orang ditambahin lemak sapi, itu kan memperparah peradangan, makanan yang digoreng itu atau gorengan, tinggi banget kandungan lemaknya," tuturnya.

Saat orang tidak napsu makan, cenderung untuk memilih hidangan dengan rasa yang gurih. Padahal menurut dr Ingrid, dalam sehari orang hanya boleh mengonsumsi satu sendok teh garam saja.

"Yang harus kita hindari itu sebenarnya kandungan natriumnya. Kandungan garam itu bisa kita temukan di buah kalengan, karena pengawetnya pakai natrium. Soda kue juga tinggi natrium, walaupun itu kue manis," terangnya.

Selama isoman, kebanyakan pasien memesan makanan cepat saji melalui jasa pesan antar. Tak hanya itu, pasien juga cenderung mengirimkan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan napsu makan.

Namun, hal yang sering dilupakan oleh pasien dan juga orang terdekat adalah pentingnya kebutuhan gizi seimbang yang harus terpenuhi. Oleh karenanya, sebisa mungkin pasien Covid-19 memasak makanan sendiri.

"Kalau pesannya nasi ayam bakar ya kurang aneka ragamnya. Kalau beli sayur jadi, paling sayurannya satu atau dua lembar. Sayur, buah, protein itu harus tercukupi," kata Ingrid.

BERITA TERKAIT