test

News

Selasa, 13 Juli 2021 16:20 WIB

BPOM Segera Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Pfizer

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Penny Lukito. (Foto: PMJ News/ Instagram pennyklukito).

PMJ NEWS - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan mengeluarkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk vaksin Pfizer dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat juga akan sedang berproses (EUA) vaksin Pfizer," ujar Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Penny menjelaskan, saat ini ada enam fasilitas yang memproduksi vaksin Pfizer. Sehingga BPOM akan memberikan EUA kepada produsen vaksin Pfizer yang lebih dulu memberikan data klinis secara lengkap.

"Pfizer di beberapa fasilitas produksi ada 6 produksi. Data yang lengkap sudah ada di 2/3 produksi, sehingga dalam waktu secepatnya akan lebih dulu yang sudah lengkap data mutunya," tuturnya.

Dalam rapat yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia baru saja meneken kontrak dengan Pfizer. Ia menargetkan vaksin Pfizer bisa tiba di Indonesia dan disuntikkan ke masyarakat secara bertahap mulai Agustus 2021.

"Pfizer kontraknya baru ditandatangani. Mudah-mudahan di akhir Agustus sudah mulai jalan," ujar Menkes Budi.

Sebagai informasi, saat ini tercatat sudah ada 5 vaksin Covid-19 yang mendapat EUA dari BPOM. Yakni vaksin Sinovac siap pakai, bulk Sinovac yang diproduksi Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna.

BERITA TERKAIT