News

Kamis, 15 Juli 2021 19:01 WIB

BPOM: Kemanjutan Vaksin Pfizer untuk Anak Capai 100 Persen

Editor: Hadi Ismanto

BPOM menyebut tingkat kemanjuran atau efikasi vaksin Pfizer untuk kelompok usia remaja 12-15 tahun mencapai 100 persen. (Foto: PMJ News/BBC).

PMJ NEWS - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyebut tingkat kemanjuran atau efikasi vaksin Pfizer untuk kelompok usia remaja 12-15 tahun mencapai 100 persen.

"Data uji klinik fase III, efikasi comirnaty untuk usia 16 tahun ke atas adalah 95,5 persen dan remaja usia 12-15 adalah 100 persen," jelas Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2021).

Berdasarkan pertimbangan itu, kata Penny, BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Pfizer pada 14 Juli 2021 lalu. Izin penggunaan darurat itu dikeluarkan setelah pihaknya rampung mengkaji hasil daftar penggunaan darurat (mergency use listing/EUL) dari WHO.

Kepala BPOM Penny K Lukito. (Foto: Dok Net)
Kepala BPOM Penny K Lukito. (Foto: Dok Net)

Lebih lanjut Penny mengatakan, untuk aspek keamanan yang telah dikaji bersama Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) menunjukkan bahwa secara umum vaksin berbasis teknologi mRNA ini aman dan dapat ditoleransi pada semua kelompok usia.

"Kejadian reaksi yang sering timbul dari penggunaan vaksin ini antara lain nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendiri, dan demam," tuturnya.

Dia menambahkan, seluruh proses penerbitan izin darurat ini telah mengikuti aturan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh WHO, Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA), hingga Agensi Obat Eropa (EMA).

Dengan terbitnya izin darurat untuk Pfizer, maka BPOM telah memberikan persetujuan EUA kepada lima vaksin. Di antaranya Vaksin Sinovac, Vaksin AstraZeneca, Vaksin Sinopharm, Vaksin Moderna, dan Vaksin Pfizer.

"BPOM telah menerbitkan EUA terhadap lima jenis vaksin," ujarnya.

BERITA TERKAIT