test

Kesehatan

Jumat, 16 Juli 2021 10:05 WIB

5 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak

Editor: Hadi Ismanto

Makanan bisa membantu meningkatkan kesehatan otak. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Makanan menjadi sumber energi kita setiap hari. Namun, penting juga memperhatikan asupan makanan yang dikosumsi agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

Selain itu, makanan juga memainkan peran besar kepada cara kita berpikir, merasakan, dan melakukan. Sebab, makanan dapat memainkan peran penting dalam menentukan suasana hati, memori, konsentrasi, dan pandangan hidup kita secara keseluruhan.

Seperti dilansir dari laman One Green Planet, Jumat (15/7/2021), berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatan otak secara optimal dan meningkatkan suasana hati.

1. Pisang
Pisang sangat bagus untuk meningkatkan suasana hati. Pisang dapat mengaktifkan bahan kimia perasaan-baik di otak kita.

Pisang mengandung asam amino yang disebut Triptofan, yang penting bagi manusia. Ini berarti bahwa tubuh tidak dapat membuatnya sendiri dan harus dikonsumsi dalam makanan kita.

Selain itu, pisang dapat membantu tubuh kita memproduksi serotonin, meningkatkan kualitas tidur kita, dan membantu kita mengatur asupan makanan. Pisang juga mengandung potasium dan menyediakan vitamin B-6 dan serat dalam jumlah yang baik.

2. Bluberi
Bluberi adalah salah satu buah beri yang paling padat nutrisi, antara lain mengandung serat, Vitamin C, K, dan mangan. Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Karena tingkat antioksidannya yang tinggi, mereka dapat menetralkan beberapa radikal bebas yang berpotensi merusak DNA. Antioksidan juga dapat mempengaruhi area otak yang bertanggung jawab untuk fungsi otak, dan dapat menunda penurunan mental.

3. Coklat Hitam
Tak hanya memiliki rasa yang luar biasa, cokelat hitam juga memiliki beberapa manfaat luar biasa bagi otak kita. Makan cokelat hitam dapat memengaruhi suasana hati secara positif dan meredakan gejala depresi dan kecemasan.

Sebuah studi menunjukkan, orang yang makan cokelat hitam dalam dua periode 24 jam memiliki kemungkinan 70 persen lebih rendah untuk melaporkan gejala depresi daripada mereka yang tidak makan cokelat. Ini karena cokelat hitam mengandung phenylethylamine, neuromodulator yang terlibat dalam pengaturan suasana hati.

4. Omega 3
Asam lemak tak jenuh ganda omega-3 terdiri dari tiga asam, yakni asam a-linolenat (ALA) ditemukan pada tumbuhan, asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA). Ini memiliki hubungan yang kuat dengan menghilangkan kecemasan.

Sebuah penelitian telah menunjukkan mengkonsumsi suplemen asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 dosis tinggi dapat secara dramatis mengurangi gejala yang berhubungan dengan kecemasan pada mereka yang didiagnosis secara klinis.

Sumber nabati itu termasuk kenari, biji rami, biji chia, biji rami, edamame, rumput laut, dan ganggang.

5. Alpukat
Tak hanya lezat, alpukat juga sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi. Mereka tinggi vitamin K, C, B5, B6, E, folat, dan potasium. Ini juga mengandung sejumlah kecil mangan, tembaga, besi, magnesium, dan seng.

Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat, yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh tunggal. Ini membantu melindungi sel-sel di otak dan mengurangi peradangan.

BERITA TERKAIT