test

Hukrim

Senin, 19 Juli 2021 20:01 WIB

Hati-hati Penipuan, Ini Website Resmi Bansos dari Kemensos

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Polda Metro Jaya menggelar perkara kasus penipuan mengatasnamakan Kemensos. (Foto: PMJ News/Yeni).

PMJ NEWS - Satu orang pelaku penipuan pemberian bantuan sosial PPKM Darurat yang mengatasnamakan Kementerian Sosial (Kemensos) telah diringkus polisi.

Direktur Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis menerangkan pelaku bermain menggunakan SMS yang terhubung dengan link website berisi iklan. Dari iklan tersebut pelaku mengumpulkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

"Dia sengaja membuat ini yang didalamnya berisi iklan. Jadi, ada beberapa pemilik iklan yang akhirnya menghubungi dia. Yang bersangkutan sendiri memiliki kemampuan di IT, jadi memang ahli melakukan hal seperti ini," ujar Auliansyah kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Auliansyah melanjutkan, sampai dengan saat ini pihaknya masih terus mendalami kasus penipuan bansos Kemensos. Termasuk dengan adanya dugaan penjualan data pribadi masyarakat ketika mengakses website tersebut.

"Untuk sementara, kita dapati hasil penyelidikan itu belum ditemukan para korban memberikan data pribadi. Tapi akan kita dalami jika ada termasuk dengan apakah data tersebut digunakan untuk kegiatan lainnya," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Karo Humas Kementerian Sosial, Hasyim mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi mengenai bantuan sosial yang beredar di media sosial.

Dia meminta masyarakat lebih jeli dan hanya mempercayai informasi bansos melalui website resmi milik Kementerian Sosial.

"Kalau memang ingin tahu informasi bansos, kami ajak seluruh masyarakat untuk mengaksesnya melalui website resmi pemerintah. Bisa membuka melalui website https://cekbansos.kemensos.go.id," tukasnya.

BERITA TERKAIT