test

Kesehatan

Minggu, 25 Juli 2021 12:02 WIB

Waspada, Tiga Masalah Kesehatan Ini Intai Anak-anak Selama Pandemi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

4 langkah mencegah penularan Covid-19 pada anak-anak usia 12 tahun yang belum divaksin. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Di tengah penyebaran virus Corona varian delta, anak-anak dan remaja juga rentan terpapar Covid-19. Oleh karena itu, pakar kesehatan menyarankan kepada orang tua lebih memperhatikan kondisi buah hatinya.

Seorang ahli Gizi, Dr Rita Ramayulis menyampaikan setidaknya ada tiga masalah kesehatan yang kerap ditemui pada anak di tengah masifnya penularan Covid-19, khususnya pada usia sekolah dasar.

"Pertama, rendahnya paparan sinar matahari sehingga anak akan rentan defisiensi vitamin D3. Kedua kurang gerak, sehingga berisiko kelebihan berat badan," ungkap Rita dalam keterangannya, Minggu (24/7/2021).

Selain itu, lanjut Rita, konsumsi jajanan minim protein, vitamin dan mineral juga bisa mempengaruhi. Mengingat defisiensi protein dan vitamin D3 menjadi salah satu penyebab imunitas turun, sehingga anak mudah terpapar virus berbahaya.

Rita menyarankan mengonsumsi gizi seimbang, aktif bergerak, dan mendapatkan paparan sinar matahari dan pemilihan asupan tambahan atau jajanan yang kaya protein dan vitamin D menjadi solusi yang penting dilakukan.

"Sebagai salah satu sumber asupan yang kaya akan protein dan sumber vitamin D, susu memberikan manfaat yang dibutuhkan tubuh anak, untuk dapat bertahan dalam situasi pandemi seperti saat ini," tuturnya.

Bagi orang tua yang khawatir terkait produk-produk dengan kandungan gula, garam dan lemak yang biasa dijual di pasaran, Rita mengatakan sebaiknya para orang tua lebih jeli membaca label pada kemasan produk.

"Kehadiran produk dengan kandungan gula, garam dan lemak yang aman, dan telah mendapatkan label pilihan lebih sehat, dapat memudahkan orang tua dan anak dalam memilih asupan atau jajanan yang lebih baik," katanya.

Terkait perlindungan kesehatan pada anak, dia juga mengimbau kepada orang tua untuk juga memberikan edukasi pada anak tentang cara memilih jenis asupan yang baik bagi tubuh, dimulai dari memperhatikan logo dan informasi gizi yang tertera pada kemasan.

BERITA TERKAIT