test

Kesehatan

Selasa, 3 Agustus 2021 10:05 WIB

Ahli Ungkap Cara Deteksi Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Editor: Hadi Ismanto

Tetap jaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penularan berbagai penyakit. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ NEWS - Seorang direktur urusan ilmiah, Ashley Jordan Ferira menyebut seseorang dapat mengetahui sistem kekebalan tubuh (imunitas) dengan beberapa tes.

Seperti dilansir dari laman Mind Body Green, Selasa (3/8/2021), berikut cara untuk mengetahui apakah imunitas tubuh Anda dalam kondisi prima atau tengah menurun.

1. Hitung Darah Lengkap
Tes ini akan mengukur semua fitur yang berbeda dari darah Anda, termasuk sel darah merah, sel darah putih, trombosit, hemoglobin, dan hematokrit, bagian sel darah putih bisa sangat jelas.

Berbagai jenis sel darah putih seperti neutrofil, limfosit, basofil, dapat menjelaskan respons imun Anda. "Kami tahu, misalnya, neutrofil meningkat ketika Anda mengalami infeksi," kata Ferira.

2. Kesehatan Metabolik dan Peradangan
Imunitas dan kesehatan metabolisme saling terkait, karena sistem imunitas bertindak sebagai sensor keadaan metabolisme Anda. "Kesehatan metabolik dan peradangan, mekanisme ini berjalan seiring dengan kekebalan," lanjut Ferira.

Itu sebabnya Ferira menyarankan untuk memeriksa penanda kesehatan metabolik. Anda bisa mengecek lingkar pinggang, tekanan darah, gula darah, lipid, dan beberapa pengecekan lainnya. Serta feritin serum, dan D-dimer.

3. Status Vitamin D
Ferira juga mengungkit pentingnya status gizi, yaitu kadar vitamin D. Vitamin dan hormon yang larut dalam lemak memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan, dan Ferira mengatakan tes darah 25-hidroksivitamin D dapat mengukur kadar Anda.

"[Ini] biomarker untuk status vitamin D Anda," catatnya. "Jika Anda tidak tahu garis dasar Anda, saya mendorong Anda untuk melakukan tes serum 25-hidroksivitamin D."

4. Kadar Vitamin C
Pengukuran yang kurang umum tetapi tetap signifika adalah kadar vitamin C. "Itu adalah kadar asam askorbat dalam plasma," jelas Ferira.

Vitamin C berperan besar dalam kekebalan. Secara khusus, vitamin C mempromosikan penggandaan limfosit, sejenis sel darah putih, untuk memerangi penjajah asing di dalam tubuh.

5. Kadar Seng
Jejak mineral sangat penting untuk pengembangan dan fungsi banyak sel imun bawaan Anda (neutrofil, makrofag, dan sel pembunuh alami) dan respons imun adaptif (sel B dan sel T). Untuk menguji kadar seng ini, Ferira merekomendasikan untuk meminta tes serum.

BERITA TERKAIT